BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Putaran Pertama Final Four Proliga: Samator Dijungkalkan BNI 46 pada Laga Perdana

09-02-2019 03:47 | Ari Prayoga

Proliga 2019 (c) Proliga Proliga 2019 (c) Proliga

Bola.net - Surabaya Samator menelan hasil mengecewakan pada pertandingan pertama mereka pada putaran final four Proliga 2019. Juara bertahan kategori putra ini harus menerima kekalahan dari Jakarta BNI 46.

Dalam pertandingan yang dihelat di GOR Joyoboyo Kediri, Jumat (08/02). Samator kalah dengan skor 1-3 (26-24, 12-25, 18-25, 24-24).

Samator sendiri mampu unggul pada set pertama. Namun, pada tiga set berikutnya, BNI 46 bermain agresif dan lebih menekan. Walhasil, skuat besutan Samsul Jais ini mampu merebut tiga set berikutnya.

Menanggapi kemenangan anak asuhnya, Samsul Jais tak jemawa. Menurutnya, secara teknis, semua tim yang berlaga pada final four ini memiliki kekuatan setara.

"Sekarang lebih ke fisik dan mental. Apalagi, Samator memiliki kerja sama tim bagus," ucap Samsul Jais.

Kendati menang, eks pelatih Timnas Indonesia ini masih memiliki catatan merah ihwal permainan anak asuhnya. Menurutnya, para pemainnya kerap melakukan kesalahan sendiri.

"Evaluasi saya, jangan jorok dari bola pertama, pasti bisa mengamankan set kedua dan ketiga,” tegasnya.

Sementara, Pelatih Samator, Ibarsjah Djanu Tjahjono menilai anak asuhnya sudah tampil apik. Namun, ia mengakui pada pertandingan ini, para pemainnya banyak melakukan kesalahan.

"Kami masih banyak kelemahan di bola pertama receive, set pertama kita nyaris saja, di set kedua dan ketiga sama. Kalau secara teknis hari ini di bola pertama memang kurang sehingga kita kurang menyerang, itu pun yang harus diperbaiki untuk besok," kata Ibarsjah.

Bagaimana hasil pertandingan lain pada hari pertama ini? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Palembang Bank SumselBabel Kandaskan Pertamina Energi

Sementara, pada pertandingan lain, Palembang Bank SumselBabel tampil meyakinkan dengan menaklukkan Jakarta Pertamina Energi. Dalam pertandingan ini, Pertamina Energi, yang berstatus juara putaran pertama, harus menelan kekalahan 3-0 ((25-21, 25-14, 26-24)

Bank SumselBabel memulai pertandingan dengan agresif dan langsung menutup set pertama dengan 25-21. Setelahnya, mereka kian mendominasi dan merebut dua set berikutnya.

"Sebelumnya, kami sudah evaluasi dan latihan kami pun merupakan simulasi seperti saat melawan Pertamina pada putaran kedua. Jadi, anak-anak sudah tahu saat menghadapi second linenya juga, harus seperti apa," ujar Pelatih Bank SumselBabel, Pascal Wilmar.

Sementara, Pelatih Pertamina Energi, Putut Marhaento, dengan kesatria mengakui apiknya permainan Bank SumselBabel. Ia menilai apiknya permainan lawan membuat timnya tak bisa mengembangkan permainan.

"Memang servis lawan pada pertandingan tadi bagus, sehingga mereka bisa mengontrol permainan dari awal hingga akhir," tandasnya.

2 dari 2 halaman

Popsivo Berjaya di Kategori Putri

Sementara itu, di kategori putri, juara putaran pertama Jakarta PGN Popsivo Polwan berhasil meredam perlawanan sengit Bandung Bank BJB Pakuan. Mereka menang dengan skor tipis 3-2 (19-25, 25-19, 25-20, 19-25, 15-9)

"Hari ini, pemain mungkin mendapat tekanan yang cukup besar sehingga agak susah untuk menaikkan mentalnya. Namun, meski dalam tekanan, mereka masih mampu menunjukkan komunikasi tim yang bagus,” ujar Pelatih Jakarta PGN Popsivo Polwan, Chamnan Dokmai, usai pertandingan.

Di sisi lain, Pelatih Bank BJB Pakuan, Teddy Hidayat mengaku bangga dengan perjuangan anak asuhnya. Kendati kalah, anak asuhnya dinilai mampu bermain dengan luar biasa, sehingga mampu mengimbangi permainan Popsivo.

"Pada set terakhir itu mungkin karena tadi kita ketinggalan ya jadi konsentrasi anak-anak agak buyar, soalnya kita poinnya agak jauh. Mungkin juga saat itu tadi kita tertekan jadi kita malah tambah tertekan lagi," tandasnya.

26 AUG 2019 | 13:00 WIB - #KLYLounge Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

KOMENTAR