BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Profil Aprilia Manganang, Eks Timnas Voli Putri Indonesia yang Kini Berstatus Laki-laki

09-03-2021 23:45 | Dimas Ardi Prasetya

Aprilia S Manganang. (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah Aprilia S Manganang. (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Bola.net - Jagat bola voli tanah air dibuat terkejut setelah mantan penggawa timnas Voli Putri Indonesia, Aprilia Manganang, dinyatakan berjenis kelamin laki-laki.

Aprilia mulai serius menggeluti dunia volia sejak di bangku SMP. Ia kemudian memulai kariernya bersama Alco Bandung, BNI 46, hingga Manokwari Valeria.

Kesuksesan mulai dirasakan atlet kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara, 27 April 1992 silam itu ketika gabung dengan Jakarta Elektrik PLN. Ia sukses mempersembahkan tiga gelar Proliga bagi klub tersebut.

Setelah itu Aprilia berhasil membawa PGN Popsivo Polwan juara sekali. Kontribusi tersebut mengantarkannya meraih gelar pemain terbaik (MVP) Proliga sebanyak tiga kali, yakni 2016, 2017, serta 2019.

Berkat kariernya yang gemilang di Proliga, Aprilia direkrut Generali Supreme Chonburi E-Tech. Ia kemudian sukses membawa klub Thailand itu memenangkan Thai-Denmark Super League 2019.

Aprilia juga terpilih sebagai MVP kompetisi tersebut. Sementara itu di pentas internasional, Aprilia Manganang mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2015 dan 2019 serta perak SEA Games 2017.

1 dari 2 halaman

Pensiun dari Dunia Voli

Meski berhasil dan masih di usia produktif, Aprilia mengeluarkan kabar mengejutkan September 2020. Dia mengumumkan pensiun dari dunia voli melalui unggahan video di akun Instagram.

"Mengapa saya mengambil keputusan ini, karena ingin hidup lebih baik, meraih kebenaran dalam hati saya, kedamainan. Karena itu, ini keputusan yang terbaik buat saya," ucapnya kala itu.

"Saya berterima kasih kepada teman-teman, pelatih, dan seluruhnya yang selama ini selalu bersama saya, thank you banget."

"Saya harap kalian sukses selalu dan semoga Indonesia di dunia voli semakin maju terus," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Konfirmasi Aprilia Sebagai Laki-laki

Kabar terbaru datang menyangkut Aprilia Manganang. TNI AD mengkonfirmasi bahwa ia pria dan memiliki kelainan alat reproduksi hipospadia.

"Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi, jadi bahkan menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki," papar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dalam jumpa pers di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

"Menurut data, di setiap bayi laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki."

Aprilia direkrut menjadi prajurit TNI AD melalui jalur penerimaan khusus anak muda berprestasi pada 2016. Pemeriksaan medis kala itu tidak sampai pada diagnosa kelainan alat reproduksi.

Disadur dari: Liputan6.com/Penulis Harley Iksan/Editor Achmad Yani Yustiawan
Published: 9 Maret 2021

KOMENTAR