BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Eks Pilar Timnas Bola Voli Putri Indonesia Ini Ternyata Laki-laki

09-03-2021 20:00 | Dimas Ardi Prasetya

Aprilia S Manganang. (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah Aprilia S Manganang. (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Bola.net - Mantan pemain Timnas Bola Voli Putri Indonesia yakni Aprilia Manganang ternyata berjenis kelamin laki-laki.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021). Ia mengungkapkan hal tersebut setelah dilaksanakannya pemeriksaan medis pada Aprilia.

Tes tersebut digelar pada Februari 2021 lalu di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Menurut Andika, Aprilia memiliki kelainan pada sistem reproduksinya.

"Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, hipospadia," tutur Andika.

Menurut penuturan sang KSAD, pemeriksaan medis tersebut sangat diterima dan ditunggu oleh Serda Aprilia. Sebab, sejak kecil pun Aprilia mengaku merasakan adanya perbedaan antara dirinya dengan perempuan lain.

"Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi, jadi bahkan menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki. Menurut data, di setiap bayi laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki," terangnya.

1 dari 1 halaman

Masih Jalani Serangkaian Pemeriksaan

Serda Aprilia kini masih di RSPAD Gatot Subroto. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi jumlah kadar hormon testoteron, urologi, hingga MRI.

"Jadi saya konsultasi tawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia. Akhirnya Sersan Manganang rupanya sambil dengan excited. Ini yang ditunggu-tunggu, saya hadirkan tim RSPAD, kemudian lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan kami," Andika menandaskan.

Aprilia Manganang sendiri telah pensiun dari dunia voli pada September 2020 lalu. Ia mengumumkan kabar mengejutkan bagi para pecinta bola voli Indonesia melalui akun Instagramnya.

"Saya, Aprilia Manganang resmi mengundurkan diri dari dunia voli," ucap Aprilia kala itu dalam video yang diunggahnya di Instagram tersebut.

Disadur dari: Liputan6.com/Penulis Nanda Perdana Putra/Editor Rita Ayuningtyas
Published: 9 Maret 2021

KOMENTAR