BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

UEFA Conference League Dimulai, Stipe Perica Masuk Daftar Pencetak Gol Pertama di Kompetisi Eropa

17-09-2021 09:19 | Gia Yuda Pradana

Trofi UEFA Conference League (c) AP Photo
Trofi UEFA Conference League (c) AP Photo

Bola.net - Penyerang Maccabi Tel-Aviv, Stipe Perica menjadi pencetak gol pertama di UEFA Conference League. Ini merupakan kompetisi Eropa kasta ketiga yang baru digelar musim 2021/2022.

Stipe Perica hanya butuh waktu 13 menit untuk mencetak gol pertama di UEFA Conference League. Gol tersebut dicetaknya pada 14 September 2021.

Pemain asal Kroasia itu mencetak gol dalam kemenangan 4-1 Maccabi Tel-Aviv atas Alashkert pada babak penyisihan Grup A di Bloomfield Stadium, Israel. Nama Stipe Perica pun bakal abadi dalam buku sejarah UEFA dan UEFA Conference League.

Jika Stipe Perica adalah pencetak gol pertama UEFA Conference League, lalu siapa nama pemain lain yang melakukannya di Liga Champions, Liga Europa, dan kompetisi Eropa lainnya? Berikut ulasannya seperti diambil dari website UEFA:

1 dari 10 halaman

Liga Champions (Format Lama)

Joao Baptista Martins adalah pencetak gol pertama European Champion Clubs Cup. Ini adalah Liga Champions format lama. Gol itu dibuatnya untuk Sporting CP saat seri 3-3 melawan Partizan, pada 4 September 1955.

2 dari 10 halaman

Piala Eropa

Pemain USSR (Rusia), Anatoli Ilyin menjadi pencetak gol pertama di Piala Eropa. Momen itu terjadi pada 28 September 1958. Ketika itu, Rusia mengalahkan Hungaria 3-1.

3 dari 10 halaman

European/south American Cup

Ferenc Puskas menjadi pemain yang menghasilkan gol pertama di ajang ini. Ia melakukannya buat Real Madrid, saat menundukkan Penarol 5-1 dalam laga yang berlangsung pada 4 September 1960.

4 dari 10 halaman

Piala Winners

Kompetisi yang pernah menjadi kasta kedua di Eropa, sebelum dilebur dengan Piala UEFA menjadi Liga Europa ini pencetak gol pertamanya adalah Horst Kohle. Ia melakukannya untuk Vorwarts Berlin saat mengalahkan Ruda Hvezda 2-1 dalam laga yang berlangsung pada 1 Agustus 1960.

5 dari 10 halaman

Piala UEFA

Pemain AC Milan, Luciano Chiarugi menjadi pencetak gol pertama dalam kompetisi ini. Gol tercipta ke gawang Ajax Amsterdam pada 9 Januari 1974. Menariknya sampai kompetisi ini bubar, AC Milan belum pernah sekalipun menjadi juara.

6 dari 10 halaman

Liga Champions (Format Baru)

Sosok dari Nigeria, Daniel Amokachi menjadi pemain pertama yang menghasilkan gol di Liga Champions format baru. Ketika itu, ia memperkuat Club Brugge dalam laga kontra CSKA Moskva yang berakhir dengan skor 1-0 pada 25 November 1992.

7 dari 10 halaman

Intertoto Cup

Kompetisi yang juga sudah tutup ini pencetak gol pertamanya adalah Ercument Sahin. Momen ini terjadi pada 24 Juni 1995, ketika Bursaspor mengalahkan Wimbledon 4-0. Ercument Sahin menjadi salah satu pencetak gol buat Bursaspor.

8 dari 10 halaman

Liga Europa

Liga yang diresmikan pada 2009 ini mencatat Alberto Zapater sebagai pencetak gol pertamanya. Pemain Genoa itu menjebol gawang Slavia Praha untuk andil kemenangan 2-0. Laga ini digelar pada 17 September 2009.

9 dari 10 halaman

Nations League

Pemain Georgia, Giorgi Chakvetadze adalah pencetak gol pertama di Nations League. Ia melakukannya ke gawang Kazakhstan pada 6 September 2018.

10 dari 10 halaman

Conference League

Stipe Perica menuliskan namanya di buku sejarah kompetisi baru UEFA ini. Di kompetisi kasta ketiga tersebut, ia mencetak gol buat Maccabi Tel-Aviv ke gawang Alashkert pada laga yang berlangsung 14 September 2021.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR