Road to Final Liga Europa: Rangers

Richard Andreas | 18 Mei 2022, 11:30
Skuad Rangers merayakan gol dalam laga versus RB Leipzig, Jumat (6/5/2022) (c) AP Photo
Skuad Rangers merayakan gol dalam laga versus RB Leipzig, Jumat (6/5/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Final Liga Europa 2021/22 bakal menyuguhkan pertarungan sengit Eintracht Frankfurt vs Rangers. Kedua tim akan bertanding di Ramon Sanchez Pizjuan, Kamis (19/5/2022).


Di atas kertas, pertandingan ini bisa dianggap seimbang. Frankfurt dan Rangers bermain di level yang sama dengan gaya sepak bola yang tidak jauh berbeda.

Bagi Rangers, final ini adalah kesempatan emas. Rangers terakhir kali meraih trofi di kompetisi Eropa di ajang European Cup Winners' Cup 1971/72.

Terlebih, perjalanan Rangers untuk mencapai titik ini relatif panjang. Pasukan Giovani van Bronckhorst harus terlebih dahulu menempuh babak play-off agar bisa bermain di fase grup.

Menariknya, ini bukan pertama kalinya Rangers menghadapi tim Jerman. Selain Frankfurt, mereka sudah menghadapi Borussia Dortmund dan RB Leipzig, dan berhasil melewati keduanya.

Sebelum melihat bagaimana kiprah Rangers di partai final nanti, berikut kami sajikan perjalanan James Tavernier dkk. menuju final.

1 dari 6 halaman

Play-off kualifikasi

Rangers tidak bisa langsung menembus fase grup Liga Europa 2021/22. Mereka harus terlebih dahulu menempuh babak play-off untuk merebut satu tiket ke fase grup.

Mereka harus berhadapan dengan Alashkert, tim asal Armenia. Di luar dugaan, pertandingan tidak berjalan mudah bagi Rangers.

Duel dua leg berlangsung alot. Rangers menang 1-0 di kandang, tapi ditahan 0-0 saat main tandang. Agregat 1-0, pasukan Van Bronckhorst layak melaju ke fase grup.

2 dari 6 halaman

Fase Grup

Fans Rangers yang sudah berada di Seville jelang laga final  Liga Europa musim 2021/2022 (c) AP Photo

Fans Rangers yang sudah berada di Seville jelang laga final Liga Europa musim 2021/2022 (c) AP Photo

Rangers bisa dibilang lambat panas di kompetisi Eropa musim ini. Mereka masuk ke Grup A dan cukup beruntung bisa lolos

Adapun dari enam pertandingan yang dimainkan, Rangers hanya menang dua kali, imbang dua kali, dan kalah dua kali. Mereka meraup 8 poin, jauh di bawah Lyon yang memimpin dengan 16 poin.

Bahkan, Rangers cukup beruntung bisa lolos. Tepat di bawah mereka ada Sparta Praha yang menempel ketat dengan 7 poin.

Pasukan Van Bronckhorst tidak sempurna, tapi setidaknya mereka berhasil merebut satu tempat di babak play-off.

3 dari 6 halaman

Play-off fase gugur

Rangers merayakan gol di markas Borussia Dortmund, Jumat (18/2/2022) (c) AP Photo

Rangers merayakan gol di markas Borussia Dortmund, Jumat (18/2/2022) (c) AP Photo

Dengan torehan hanya 8 poin di fase dan finis sebagai runner-up, Rangers harus terlebih dahulu menempuh babak play-off supaya bisa melangkah ke 16 besar. Mereka berhadapan dengan tim yang turun dari Liga Champions di tahun yang sama.

Undian mempertemukan Rangers dengan Borussia Dortmund, jelas bukan pertandingan mudah. Dortmund unggul segalanya di setiap sisi, Rangers tidak difavoritkan.

Biar begitu, justru di babak inilah Rangers mulai tancap gas. Mereka mengalahkan Dortmund 4-2 di Jerman, lalu bermain imbang 2-2 di Skotlandia. Agregat 6-4, Rangers berhak ke babak 16 besar.

4 dari 6 halaman

16 besar

Glasgow Rangers di Liga Europa 2021/22 (c) AP Photo

Glasgow Rangers di Liga Europa 2021/22 (c) AP Photo

Di babak 16 besar, Rangers dipertemukan dengan Crvena Zvsezda alias Red Star Belgrade. Kali ini situasi mendukung Rangers, mereka lebih diunggulkan karena diangap lebih kuat.

Terbukti, Rangers menang meyakinkan saat bermain di kandang. Mereka menghajar tim tamu dengan skor telak 3-0. Tavernier mencetak satu gol, dia dianggap sebagai pemain terpenting Rangers musim ini.

Di leg kedua, Rangers kalah mengejutkan dengan skor 1-2 di kandang lawan, tapi hasil ini tidak sampai mengubah agregat. Anak asuh Van Bronckhorst berhak lolos dengan agregat 4-2.

5 dari 6 halaman

Perempat final

Rangers di Liga Europa 2021/22 (c) AP Photo

Rangers di Liga Europa 2021/22 (c) AP Photo

Semakin mengerucut, lawan semakin kuat, pertandingan semakin sulit. Rangers harus menghadapi Braga di babak perempat final, bukan lawan enteng.

Buktinya, Rangers takluk 0-1 dalam duel tandang di leg pertama. Braga menang lewat gol tunggal Abel Ruiz dan lebih diunggulkan lolos.

Biar begitu, Rangers tidak menyerah dan justru membuat kejutan di leg kedua. Mereke menghajar Braga dengan skor telak 3-1 dalam duel 120 menit, Tavernier memborong dua gol.

Dengan demikian, Rangers berhak lolos ke semifinal dengan agregat tipis 3-2. Pasukan Van Bronckhorst terbukti bisa melewati tantangan berat.

6 dari 6 halaman

Semifinal

Christopher Nkunku dikawal pemain lawan di laga RB Leipzig vs Rangers, Liga Europa 2021/22 (c) AP Photo

Christopher Nkunku dikawal pemain lawan di laga RB Leipzig vs Rangers, Liga Europa 2021/22 (c) AP Photo

Di semifinal, Rangers harus menghadapi RB Leipzig. Tim Jerman lain yang jadi favorit juara, bahkan Leipzig mendapatkan dukungan lebih.

Leg pertama, di kandang Leipzig, Rangers harus menyerah dengan skor 0-1. Saat itu pertahanan Rangers digempur habis-habisan, beruntung mereka hanya kebobolan satu gol.

Di sisi lain, hasil 1-0 itu terasa seperti kekalahan bagi Leipzig. Mereka tidak bisa memanfaatkan peluang-peluang yang tercipta dan akhirnya harus membayar mahal di leg kedua.

Betapa tidak, Rangers lagi-lagi berhasil membalikkan kedudukan di leg kedua. Mereka memetik kemenangan 3-1 di Ibrox Stadium dan berhak lolos ke final dengan agregat 3-2.

Dengan formasi 4-2-3-1, Rangers terbukti bisa melewati laga-laga alot dan mengejutkan tim lawan. Frankfurt harus berhati-hati dalam duel final nanti.

Sumber: Bola, UEFA

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR