Road to Final Liga Europa 2020/21: Villarreal

Richard Andreas | 26 Mei 2021, 11:22
Selebrasi pemain Villarreal usai membobol gawang Arsenal di leg I semifinal Liga Europa 2020-2021, Jumat (30/4/2021) dini hari. (c) AP Photo
Selebrasi pemain Villarreal usai membobol gawang Arsenal di leg I semifinal Liga Europa 2020-2021, Jumat (30/4/2021) dini hari. (c) AP Photo

Bola.net - Villarreal berhasil memastikan diri lolos ke Final Liga Europa musim 2020/21. Mereka akan berhadapan dengan Manchester United di PGE Arena Gdansk, Polandia pada dini hari nanti.

Pertandingan ini merupakan pertandingan yang krusial bagi Villarreal. Karena ini pertama kali dalam sejarah klub mereka berhasil masuk partai final.

Villarreal sendiri sudah tiga kali mencapai semi final Liga Europa, yaitu di tahun 2004, 2011 dan 2016. Namun mereka gagal lolos ke Final, sehingga final kali ini terasa spesial bagi mereka.

Trofi Liga Europa pertama ini punya dampak lain bagi Villarreal. Trofi itu bisa menjadi tiket mereka bermain di Liga Champions musim depan, karena musim ini mereka hanya finish di peringkat tujuh klasemen akhir La Liga.

Villarreal sendiri punya modal yang bagus untuk partai final ini. Karena mereka kini ditukangi Unai Emery, sang spesialist Liga Europa. Manajer asal Spanyol itu sudah memenangkan tiga trofi Liga Europa sepanjang karirnya.

Sebelum melihat bagaimana kiprah Villarreal di partai Final nanti, berikut kami sajikan perjalanan Villarreal menuju final.

1 dari 5 halaman

Fase Grup

Villarreal yang finish di peringkat lima La Liga musim 2019/20 langsung masuk fase grup Liga Europa. Mereka tergabung di grup A bersama Maccabi Tel Aviv, Sivasspor, dan Qarabag.

Villarreal mengawali fase grup Liga Europa mereka dengan hasil yang apik. Mereka mengalahkan Sivasspor dengan skor 5-3.

Semenjak saat itu, Villarreal terus menerus meraih hasil apik. Mereka mengakhiri fase grup Liga Europa dengan catatan lima kemenangan dan satu hasil seri. Salah satu yang menarik adalah di partai terakhir melawan Qarabag, Villarreal menang WO karena sebagian besar pemain Qarabag pada saat itu positif COVID-19.

Alhasil Villarreal melaju ke fase gugur dengan status juara grup dengan raihan 16 poin.

2 dari 5 halaman

Babak 32 Besar

Berstatus sebagai juara grup, Villarreal masuk dalam pot unggulan di undian babak 32 besar. Mereka akan menghadapi tim yang berstatus runner up, di man ahasil undian itu mempertemukan mereka dengan RB Salzburg.

Leg pertama diadakan di markas Salzburg. Di laga itu, Villarreal berhasil menang dengan skor 2-0 berkat gol Paco Alcacer dan Nino.

Di leg kedua, RB Salzburg sempat unggul lebih dahulu melalui gol Mergim Berisha. Namun Gerard Moreno berhasil mencetak brace sehingga Villarreal menang dengan skor 2-1. Agregat akhir menjadi 4-1 untuk keunggulan Villarreal, sehingga anak asuh Unai Emery ini melenggang ke babak 16 besar.

3 dari 5 halaman

Babak 16 Besar

Di babak 16 besar, Villarreal dipertemukan dengan wakil Ukraina, Dynamo Kiev.

Di leg pertama, Villarreal kembali memainkan laga tandang. Namun mereka berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor 2-0 berkat gol dua beknya, Pau Torres dan Raul Albiol.

Di leg kedua, Villarreal berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Mereka mengalahkan Dynamo Kiev dengan skor 2-0 berkat brace Gerard Moreno sehingga mereka melenggang ke perempat final dengan agregat 4-0.

4 dari 5 halaman

Perempat Final

Di perempat final, Villarreal kembali dipertemukan dengan tim kuda hitam. Mereka adalah wakil Kroasia, Dinamo Zagreb.

Di leg pertama, Villarreal harus melakoni partai tandang terlebih dahulu. Namun mereka berhasil mencuri kemenangan tipis 1-0 berkat gol Gerard Moreno dari titik putih.

Sementara di leg kedua, Dinamo Zagreb memberikan perlawanan yang sengit. Namun Villarreal berhasil menjinakkan wakil Kroasia itu dengan skor 2-1, dan mereka berhasil melangkah ke semi final.

5 dari 5 halaman

Semi Final

Di semi final, Villarreal mendapatkan lawan terberat sepanjang perjalanan mereka di Liga Europa. Karena mereka harus berhadapan dengan salah satu unggulan juara, Arsenal.

Berbeda dari babak-babak sebelumnya, Villarreal menjalani leg pertama di kandang mereka. Di laga ini, secara mengejutkan mereka berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1, meski gol tandang yang dimiliki Arsenal ini berpotensi membuat mereka menderita di leg kedua.

Di leg kedua, Villarreal benar-benar tampil solid. Mereka menahan gempuran Arsenal sejak awal laga dan berhasil mengakhiri laga dengan skor 0-0, sehingga mereka dinyatakan lolos ke Final Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub mereka.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR