BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Review: Penalti Lovren Gagal, Liverpool Disingkirkan Besiktas

27-02-2015 03:45 |

Dejan Lovren gagal dalam adu penalti (c) AFP
Dejan Lovren gagal dalam adu penalti (c) AFP
Bola.netBola.net - Dengan modal kemenangan 1-0 di leg pertama, Liverpool mengunjungi Ataturk Olimpiyat, Istanbul untuk menantang Besiktas di leg kedua 32 besar Liga Europa, Jumat (27/02). Harus melalui extra time setelah Arslan mencetak gol di babak kedua, Liverpool tersingkir melalui babak adu penalti dengan skor 5-4.


Dibayangi big match kontra Manchester City di Premier League hari Minggu nanti, Liverpool tak banyak mengambil resiko. Rodgers pun mengistirahatkan sejumlah pemain inti. Dalam menyerang, tim tamu mengandalkan Raheem Sterling, Balotelli, Sturridge, Jordon Ibe dan Moreno yang memberi dukungan di sayap kiri.

Tak banyak aksi yang terjadi karena pertahanan yang rapat dari The Reds. Beberapa kali Besiktas melakukan tekanan, namun mereka tak mampu menggoyahkan lini belakang lawannya, bahkan Demba Ba memberi kontribusi yang sangat minim.

Skrtel yang dipercaya menjadi kapten tampil solid di belakang untuk mengeliminasi bola-bola yang diarahkan ke kotak penaltinya. Tendangan on target dilepas Raheem Sterling di menit 20 dari bibir kotak penalti, Gonen siaga menepisnya.

Dukungan Moreno memberi andil pada peluang berikutnya, Sturridge mengarahkan umpan pada Sterling, kembali tendangannya diblok dan menghasilkan tendangan sudut.

Kesempatan emas untuk membuka deadlock muncul di menit 33. Sturridge yang sudah berhadapan dengan gawang terlalu lama menggocek bola dan tendangan silangnya pun lemah.

Empat menit sebelum turun minum Olcay Sahan memaksa Mignolet melakukan penyelamatan dengan tendangan kerasnya. Tanpa gol, kedua tim memasuki ruang ganti pemain.

Mengawali babak kedua, tuan rumah langsung mengukir peluang. Sodoran Demba Ba diteruskan tendangan keras Kurtulus dan tak lama kemudian Sosa juga melepas tembakan ke arah gawang, keduanya diamankan Simon Mignolet.

Makin percaya diri, serangan yang dibangun tuan rumah mulai membuat pendukung Liverpool khawatir. Penguasaan bola yang dimiliki Si Merah pun tak menghasilkan apa-apa.

Dan benar saja, saat duel memasuki menit ke-72, Besiktas menyamakan kedudukan. Kontrol Demba Ba yang lepas disambut tendangan first time kaki kiri Toglay Arslan dari bibir kotak penalti. Bola melengkung indah dan menembus kanan gawang Mignolet.

Sama-sama berhati-hati, Besiktas beberapa kali mendapat tendangan sudut dan salah satunya hampir menjadi gol. Satu menit injury time, tendangan Demba Ba di mulut gawang hanya membentur mistar. Dengan agregat 1-1, pertarungan berlanjut ke babak tambahan.

Tendangan dari luar kotak penalti masih menjadi andalan Besiktas. Di menit 95, Opare berpeluang melakukannya, bola masih sedikit di kiri Mignolet.

Demba Ba masih belum bisa mencetak gol setelah Mignolet masih mampu menunjukkan reaksi bagus. Di atas angin, giliran Tore yang merepotkan Mignolet pada kesempatan selanjutnya.

Dalam 15 menit kedua extra time gol juga tak kunjung muncul meski ada peluang dari Demba Ba. Akhirnya pertandingan pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Lima penendang Besiktas berhasil menyarangkan si kulit bundar, tetapi penendang kelima Liverpool, Dejan Lovren gagal mengkonversi penalti. Dengan skor 5-4 di adu penalti, Besiktas melenggang ke putaran 16 besar.

Susunan pemain

Besiktas : Gonen; Kurtulus, Franco, Uysal, Opare; Hutchinson, Kavlak; Tore, Sosa (Arslan 61), Sahan (Frei 105); Ba

Liverpool : Mignolet; Lovren, Skrtel, Toure; Ibe (Manquillo 76), Can, Allen, Moreno; Sterling; Balotelli (Lallana 82), Sturridge (Lambert 105)

Statistik pertandingan

Attempts (on target) : 16 (7) - 7 (4)

Tendangan penjuru : 6 - 2

Pelanggaran : 14 - 16

Ball poss : 55 - 45.  

KOMENTAR