Mourinho: Conference League Adalah Liga Champions buat AS Roma

Gia Yuda Pradana | 21 Mei 2022, 23:16
AS Roma besutan Jose Mourinho di musim 2021/22 (c) AP Photo
AS Roma besutan Jose Mourinho di musim 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - AS Roma akan menghadapi Feyenoord di babak final UEFA Conference League 2021/22. Pertandingan ini akan digelar di Arena Kombetare, Tirana, Albania. Pertandingan ini akan dimainkan pada Kamis 26 Mei 2022, kick-off jam 02:00 WIB.


Di Serie A Italia musim ini, Roma dipastikan akan finis peringkat lima atau enam. Pasukan Jose Mourinho sudah pasti lolos ke Liga Europa musim depan. Feyenoord juga telah dipastikan lolos ke kompetisi yang sama usai finis peringkat tiga di Eredivisie Belanda.

Mourinho percaya bahwa final kontra Feyenoord nanti takkan mudah. Namun, menurut Mourinho, para pemainnya siap berjuang demi meraih gelar juara. Sebab, kompetisi ini ibarat Liga Champions buat Roma.

1 dari 3 halaman

50-50 Harus Dijadikan 51-49

Selebrasi skuad AS Roma untuk gol Nicolo Zaniolo ke gawang Bodo Glimt, UEFA Conference League 2021/22 (c) AP Photo

"Mereka (Feyenoord) telah mengatasi lawan-lawan yang sulit, misalnya di semifinal lawan Olympique Marseille, yang memiliki sejarah hebat di Eropa di tempat seperti Velodrome. Kita harus mengakui kalau mereka memang layak ke final," kata Mourinho, seperti dikutip Football Italia.

"Semua final peluangnya 50-50, tapi kami akan berusaha sebisa mungkin menjadikannya 51-49 untuk kami."

"Itu harus terjadi saat pertandingan, bukan sebelumnya. Itu adalah harinya para pemain. Yang bisa kami lakukan adalah memberi sedikit bantuan," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Baru

Jose Mourinho (c) AP Photo

Sepanjang karier kepelatihannya, Mourinho sudah pernah menjuarai Liga Champions dan UEFA Cup/Liga Europa. Final UEFA Conference League pada musim pertamanya melatih Roma musim ini akan menjadi pengalaman baru baginya.

"Saya selama ini beruntung karena para pemain saya memberikan yang terbaik di final-final yang kami capai. Di hari penentuan, mereka siap."

Bersama Porto, Mourinho menjuarai UEFA Cup 2002/03 dan Liga Champions 2003/04. Bersama Inter Milan, Mourinho menjuarai Liga Champions 2009/10. Bersama Manchester United, Mourinho menjuarai Liga Europa 2016/17.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Gelar Juara

Selebrasi skuad AS Roma usai memastikan langka ke final UEFA Conference League (c) AP Photo

"Saya pelatih dengan sejarah bagus dan Roma adalah klub besar," ujar Mourinho.

"Saya merasa sedikit bertanggung jawab untuk menjadikan ini sebuah kompetisi besar. Kami perlahan mampu mewujudkan ambisi kami untuk melangkah sejauh mungkin. Dengan bangga, kami memainkan semifinal (kontra Leicester City) di stadion yang dipadati 170.000 suporter."

"Conference League adalah Liga Champions buat kami. Ini level kami saat ini. Ini kompetisi yang kami mainkan saat ini. Klub ini sudah sangat lama tak mencapai sebuah pertandingan final," imbuh Mourinho.

Terakhir kali Roma meraih gelar juara adalah di ajang Coppa Italia 2007/08. Mereka belum pernah meraih major trophy di level Eropa.

Sumber: Football Italia

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR