BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester United vs FC Copenhagen, Perang Saudara Skandinavia

09-08-2020 18:30 | Ari Prayoga

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo
Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo

Bola.net - Laga antara Manchester United dan FC Copenhagen pada Perempat Final Liga Europa tak sekadar memperebutkan tiket menuju ke partai semifinal. Dalam pertandingan ini juga akan tersaji perang saudara Skandinavia.

Perang saudara ini terjadi antara juru racik taktik United, Ole Gunnar Solskjaer dan nakhoda FC Copenhagen, Stale Solbakken. Kebetulan, kedua pelatih ini berasal dari Norwegia.

Tak hanya berasal dari negara yang sama, mereka berdua juga pernah sama-sama memperkuat Timnas Norwegia. Solbakken memperkuat Timnas Norwegia pada 1994 sampai 2000. Dalam 58 penampilannya, ia mencetak sembilan gol. Sementara, Ole memperkuat The Lions pada 1995 sampai 2007. Dalam 67 laga, ia sukses mencetak 23 gol.

Ole dan Solbakken sendiri sempat bermain bersama di Timnas Norwegia. Dikutip dari laman UEFA, mereka sempat 22 kali bermain bersama pada 1995 sampai 2000 lalu.

Usai sama-sama gantung sepatu sebagai pesepak bola, Ole dan Solbakken sempat kembali dipertemukan di luar lapangan. Kali ini, mereka bertemu kala sama-sama menjalani kursus kepelatihan.

"Saya sangat mengenal Stale. Ia adalah teman karib saya. Saya menjalani kursus kepelatihan profesional saya di Copenhagen bersamanya. Jadi, saya tahu tentangnya. Ia pun tahu beberapa hal tentang saya," ungkap Solskjaer di laman resmi United, soal hubungannya dengan Solbakken.

Kedua pelatih ini sejatinya sudah sempat berhadapan sebagai lawan pada musim 2006/2007 silam di ajang Liga Champions. Waktu itu, Ole masih berstatus pemain United. Sementara, Solbakken sudah berstatus sebagai pelatih FC Copenhagen.

Manchester United akan menghadapi FC Copenhagen pada partai Perempat Final Liga Europa. Pertandingan ini akan dihelat di Stadion Köln in Cologne, Selasa (11/08) dini hari waktu Indonesia.

United lolos ke perempat final usai menggulung LASK Linz dengan skor agregat 7-1. Sementara, FC Copenhagen melaju ke babak delapan besar ini setelah mengalahkan Istanbul Basaksehir dengan agregat 3-1.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Perang Saudara Swedia

Bukan hanya Ole Gunnar Solskjaer dan Stale Solkbakken yang akan terlibat perang saudara pada pertandingan ini. Perang saudara juga akan terjadi antara Victor Lindelof dan Pierre Bengtsson.

Lindelof merupakan bek tengah United. Sementara, Bengtsson adalah fullback FC Copenhagen.

Lindelof dan Bengtsson sendiri sama-sama pemain asal Swedia. Mereka berdua pun tercatat sebagai anggota Timnas Swedia.

2 dari 2 halaman

Pembuktian Varella

Sementara itu, laga ini tak hanya bakal menjadi ajang perang saudara Skandinavia. Pertandingan antara United dan Copenhagen tersebut juga bisa ajang pembuktian diri Guillermo Varela.

Varela sekarang berstatus sebagai penggawa Copenhagen. Sebelumnya, pada musim 2015/2016, pemain asal Uruguay tersebut merupakan pemain United.

Selama masa baktinya di Setan Merah, julukan Manchester United, pemain berusia 27 tahun ini sempat tampil sebanyak 11 kali. Setelahnya, ia dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt sebelum dilepas ke Penarol. Baru, dari Penarol, Varela bergabung dengan Copenhagen.

Ingin tahu jadwal dan highlight pertandingan Liga Europa lainnya? Klik di sini.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR