Jose Mourinho Sudah 5 Juara Kali Juara Kompetisi Eropa, Koleksi Lengkap dari UCL, UEL, hingga UECL!

Ari Prayoga | 26 Mei 2022, 05:18
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho mencium trofi UEFA Europa Conference League (c) AP Photo
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho mencium trofi UEFA Europa Conference League (c) AP Photo

Bola.net - AS Roma sukses menjuarai edisi perdana UEFA Europa Conference League usai menumbangkan Feyenoord dengan skor 1-0 dalam partai final musim 2021/22 yang digelar di Arena Kombetare, Tirana, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB.

Gol semata wayang yang dicetak oleh Nicolo Zaniolo di pertengahan babak pertama sudah cukup untuk membawa Roma mengalahkan Feyenoord di final kali ini.

Ini merupakan trofi juara pertama Roma di bawah asuhan Jose Mourinho, sekaligus trofi juara pertama mereka sejak kesuksesan di Coppa Italia musim 2007/08 silam.

1 dari 5 halaman

Rekor Jose Mourinho

Bagi Mourinho, ini adalah trofi kelimanya di kompetisi antarklub Eropa. Hebatnya, pria 59 tahun itu memiliki rekor kemenangan 100 persen di final kompetisi benua biru.

Liga Europa 2003 yang kala itu masih bernama UEFA Cup menjadi final perdana Mourinho di kancah Eropa. Kala itu ia sukses membawa Porto juara dengan mengalahkan Celtic 2-0.

Setahun berselang, Mourinho mencatat sejarah dengan membawa Porto menjadi juara Liga Champions. Prestasi tersebut berhasil ia ulangi bersama Inter Milan pada 2010.

Mourinho pun kemudian kembali berjaya di Eropa untuk ketiga kalinya, tetapi kali ini di kompetisi Liga Europa kala membawa Manchester United meraihnya pada 2017 lalu.

2 dari 5 halaman

Kedua Setelah Giovanni Trapattoni

Tak hanya itu, raihan trofi UECL ini membuat Mourinho tercatat menjadi pelatih kedua yang sukses meraih lima trofi di kompetisi antarklub Eropa.

Sosok pertama yang berhasil melakukannya adalah pelatih legendaris Italia, Giovanni Trapattoni. Menariknya, kelima trofi Eropa Trapattoni ia raih bersama Juventus.

Koleksi gelar Eropa Trapattoni adalah masing-masing satu trofi Piala Champions, Piala Winners, dan Piala Super Eropa, serta dua gelar Piala UEFA.

3 dari 5 halaman

Lima Trofi Jose Mourinho

4 dari 5 halaman

Pelatih Kelima

5 dari 5 halaman

Samai Trapattoni

Sumber: Opta

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR