Hasil Final UEFA Conference League, AS Roma vs Feyenoord: Skor 1-0

Yaumil Azis | 26 Mei 2022, 03:57
Selebrasi pemain AS Roma setelah Nicolo Zaniolo berhasil membobol gawang Feyenoord dalam final UEFA Conference League hari Kamis (26/5/2022). (c) AP Photo
Selebrasi pemain AS Roma setelah Nicolo Zaniolo berhasil membobol gawang Feyenoord dalam final UEFA Conference League hari Kamis (26/5/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Kemenangan berhasil diraih AS Roma atas Feyenoord dalam laga final UEFA Conference League yang digelar di Air Albania Stadium hari Kamis (26/5/2022) dengan skor 1-0. Berkat itu, Giallorossi berhak dinyatakan sebagai juara.

Pertandingan berlangsung sengit. Roma memang mendominasi permainan sejak menit awal. Akan tetapi, Feyenoord beberapa kali mampu memberi perlawanan dengan menebar ancaman ke gawang klub ibukota Italia tersebut.

Fans Roma bersorak pada menit ke-32. Nicolo Zaniolo berhasil mencetak gol dan membuat Giallorossi unggul 1-0! Menerima umpan dari Gianluca Mancini, Zaniolo menyarangkan bola ke gawang Feyenoord dengan reaksi cepat setelah melihat Justin Bijlow menerjang.

Gol tersebut membuat Feyenoord tergerak untuk lebih gencar melakukan serangan. Pada menit ke-41, Orkun Kokcu melepas tembakan yang cukup untuk membuat fans Roma tegang. Tapi untungnya, bidikan Kokcu mengarah tepat ke Rui Patricio.

Kokcu kembali menebar ancaman di masa injury time yang lagi-lagi berhasil dihentikan oleh Patricio. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Roma 1-0 berkat gol yang dicetak oleh Zaniolo.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Kontrol permainan dipegang Feyenoord sedari awal babak kedua, sehingga memaksa Roma lebih banyak bertahan di area sendiri. Dua menit setelah kick-off, Feyenoord mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan.

Lagi-lagi Kokcu. Namun tembakannya kali ini tidak dihalangi oleh Patricio, melainkan tiang gawang. Guus Til coba menyapu bola liar yang masih berada di kotak penalti, sayang arahnya bisa dibaca Patricio.

Patricio kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-50. Umpan apik dari Fredrik Aursnes memungkinkan Tyrell Malacia melepaskan tembakan ke arah pojok kanan atas gawang Roma. Bola gagal bersarang di gawang karena dihentikan Patricio.

Roma bukannya tidak berusaha menyerang. Mereka mencoba untuk menambah keunggulannya, salah satunya lewat Jordan Veretout di menit ke-73. Sang gelandang menerima bola liar di tepi kotak penalti Feyenoord dan langsung melepas tembakan, tetapi bidikannya bisa dibaca oleh Bijlow.

Setelah momen menyerang Roma yang jarang terjadi di babak kedua ini, Feyenoord melanjutkan upayanya mengejar gol penyama skor. Sayang usahanya kerap menemui kegagalan. Skor 1-0 bertahan hingga akhir laga dan Roma dinyatakan sebagai pemenang sekaligus juara perdana UEFA Conference League.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

AS Roma (3-5-2): Rui Patricio; Chris Smalling, Ibanez, Gianluca Mancini; Rick Karsdorp (Matias Vina 89'), Bryan Cristante, Henrikh Mkhitaryan (Sergio Oliveira 17'), Nicola Zalewski (Leonardo Spinazzola 67'), Lorenzo Pellegrini; Tammy Abraham (Eldor Shomurodov 89'), Nicolo Zaniolo (Jordan Veretout 67').

Feyenoord (4-2-3-1): Justin Bijlow; Lutsharel Geertruida, Gernot Trauner (Marcus Pedersen 74'), Marcos Senesi, Tyrell Malacia (Alireza Jahanbakhsh 89'); Fredrik Aursnes, Orkun Kokcu (Patrik Walemark 88'); Reiss Nelson (Bryan Linssen 74'), Guus Til (Jens Toornstra 59'), Luis Sinisterra; Cyriel Dessers.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR