BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Granada vs Manchester United: Bagaimana Kali Terakhir MU Bertemu Lawan dari Spanyol?

08-04-2021 15:15 | Yaumil Azis

Skuat Manchester United merayakan gol Mason Greenwood ke gawang Brighton (c) AP Photo pool Reuters Skuat Manchester United merayakan gol Mason Greenwood ke gawang Brighton (c) AP Photo pool Reuters

Bola.net - Manchester United akan kembali melanjutkan perjalanannya di pentas Liga Europa pada Jumat (9/4/2021) dinihari nanti. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer tersebut bakal bertandang ke Los Carmenes guna menghadapi Granada dalam laga leg pertama perempat final.

Manchester United mencapai titik ini setelah menjalani duel sengit melawan raksasa Italia, AC Milan, di babak 16 besar. Mereka lolos setelah meraih kemenangan di leg kedua dengan skor 1-0 yang membuat agregat berubah menjadi 2-1.

Sementara itu, Granada dipertemukan dengan Molde FK yang merupakan mantan klub Solskjaer di babak 16 besar. Walaupun kalah pada leg kedua, namun kemenangan 2-0 di pertemuan pertama membuat mereka lolos dengan agregat 3-2.

Jika melihat materi pemain masing-masing tim, Manchester United di atas kertas lebih unggul dari Granada sehingga diyakini mampu meraih kemenangan dengan mudah. Namun, perbincangan di atas kertas tidak melulu soal materi pemain dari kedua tim saja.

Ada aspek-aspek lain yang juga harus dipertimbangkan, salah satunya adalah rekor kemenangan melawan tim dari negara tertentu. Apakah rekor Manchester United cukup baik untuk menghadapi Granada?

Untuk mengetahuinya, baiknya Bolaneters menyimak informasi yang telah kami sadur dari beberapa sumber di bawah ini. Yuk, scroll halamannya!

1 dari 4 halaman

Tim Spanyol yang Paling Sering Dihadapi MU

Paul Pogba saat beraksi di laga lawan Barcelona. (c) AP Photo Paul Pogba saat beraksi di laga lawan Barcelona. (c) AP Photo

Menurut catatan Transfermarkt, Manchester United pernah berhadapan dengan 10 tim dari Spanyol. Yang paling sering ditemui adalah Barcelona, di mana mereka berhadapan dengan mereka sebanyak 13 kali.

Tim kedua terbanyak adalah Real Madrid dengan 11 pertandingan, disusul Valencia (10), Deportivo La Coruna (6), Athletic Bilbao (4), Real Sociedad (4), Villarreal (4), Sevilla (3), Atletico Madrid (2) dan terakhir Celta Vigo (2).

Dilihat dari catatannya, nasib Manchester United ketika bertemu tim Spanyol tidak selalu berakhir baik. Kok bisa? Penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Manchester United vs Tim Spanyol

Pemain Manchester United merayakan gol Rashford ke gawang Wolves, Rabu (30/12/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Pemain Manchester United merayakan gol Rashford ke gawang Wolves, Rabu (30/12/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Jika ditotal, Manchester United bertemu dengan tim Spanyol di pentas Eropa sebanyak 59 kali. Sayangnya, 22 di antaranya berakhir dengan kekalahan. 23 pertandingan lainnya berakhir imbang, dan 14 pertandingan sisanya berhasil dimenangkan.

Kalau menggunakan sistem poin seperti pada umumnya (tiga untuk kemenangan, satu untuk hasil seri, dan nol untuk kekalahan), MU hanya mampu mengumpulkan 65 poin dari 56 laga. Kondisinya kian diperburuk dengan rasio kemenangan yang hanya sebesar 23,7 persen saja.

Manchester United juga cukup buruk dalam urusan membendung serangan tim Spanyol. Dari catatan Transfermarkt, the Red Devils kebobolan total 80 gol dan cuma memproduksi sebanyak 69 gol. Sepertinya fans MU patut khawatir melihat catatan ini.

3 dari 4 halaman

Lawan Terakhir Manchester United dari Spanyol

Aksi Mason Greenwood dalam laga Manchester United vs Real Sociedad, Jumat (26/2/2021) (c) AP Photo Aksi Mason Greenwood dalam laga Manchester United vs Real Sociedad, Jumat (26/2/2021) (c) AP Photo

Pertemuan terakhir Manchester United dengan tim asal Spanyol terjadi di babak semifinal Liga Europa. Dikarenakan kompetisi baru dipulihkan lagi di masa pandemi Covid-19, babak semifinal musim 2019/20 pun hanya digelar satu kali saja di tempat netral.

Semifinal merupakan pencapaian terbaik Solskjaer sejak ditunjuk sebagai pelatih Manchester United, termasuk dalam ajang Liga Europa. Ya, mereka kalah dengan skor tipis 1-2 pada pertandingan tersebut.

Di era modern, Sevilla tidak dianggap sebagai tim bertitah 'raksasa Spanyol' seperti Real Madrid dan Barcelona Begitu juga dengan Granada. Sehingga, haram hukumnya buat Manchester United untuk meremehkan pasukan Diego Martinez tersebut.

Sebagai informasi tambahan, Manchester United juga menjadi bulan-bulanan Barcelona di babak perempat final Liga Champions 2018/19 loh. Dalam partai dua leg, mereka tumbang dengan agregat skor telak 4-0.

4 dari 4 halaman

Prediksi Granada vs Manchester United

Liga Europa, Granada vs Manchester United (c) Bola.net Liga Europa, Granada vs Manchester United (c) Bola.net

Meski rekor-rekor di atas telah membuktikan kalau Manchester United pantas khawatir, namun bukan berarti mereka sudah dipastikan kalah. Sebab performa mereka dalam beberapa pertandingan terakhir terbilang cukup apik.

The Red Devils mampu memenangkan tiga dari lima pertandingan di berbagai kompetisi, salah satunya ketika berhadapan dengan Brighton di pentas Premier League pada akhir pekan kemarin. Bruno Fernandes dkk menang dengan skor tipis 2-1.

Sementara itu, kondisi Granada sekarang sedang buruk. Mereka menelan tiga kekalahan dari lima pertandingan terakhirnya dan yang terbaru, pada akhir pekan kemarin, klub berjuluk El Grana itu dihajar Villarreal dengan skor 0-3 di pentas La Liga.

Bolanet memprediksi kalau Manchester United akan keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 atas Granada. Apakah prediksi tersebut bakal terwujud? Jawabannya akan terlihat ketika wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

(Transfermarkt)

KOMENTAR