BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gara-Gara Pandemi Corona, Euro 2020 Bakal Berubah Format?

10-04-2020 13:40 | Serafin Unus Pasi

Trofi Euro 2020 (c) AP Photo Trofi Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Pandemi virus corona memberikan dampak besasr kepada sepakbola di Eropa. Kejuaraan Euro 2020 diberitakan bakal mengubah format mereka karena pandemi ini.

Seperti yang sudah diketahui, Euro merupakan rutin UEFA setiap empat tahun sekali. Turnamen ini mempertemukan negara-negara terkuat di Eropa untuk bertanding dan memperebutkan trofi Henri Delaunay.

Sedianya Euro 2020 akan digelar di bulan Juni-Juli tahun ini. Namun kejuaraan ini resmi diundur satu tahun karena pandemi corona yang menjangkiti Eropa.

The Daily Mail melansir ada dampak lanjutan dari penundaan Euro 2020 ini. Format Euro 2020 terancam berubah karena pandemi ini.

Format seperti apa yang bakal berubah? Simak informasinya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Batal Digelar di 10 Negara?

Seperti yang sudah diketahui, Euro 2020 ini merupakan Euro yang spesial. Turnamen ini memperingati 60 tahun Euro pertama kali digelar.

Pada awalnya, UEFA bakal menerapkan format yang unik. Turnamen ini akan digelar di 10 Negara Eropa, alih-alih hanya satu atau dua negara saja seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Namun melihat pandemi corona di Italia dan Spanyol yang semakin parah, UEFA merasa sepertinya tidak memungkinkan menggelar pertandingan di Bilbao dan Roma. Untuk itu mereka mempertimbangkan ulang untuk mengubah format penyelenggaraan di 10 negara menjadi satu atau dua negara saja.

2 dari 3 halaman

Masih Usulan

Keinginan UEFA untuk mengubah format dari penyelenggaraan Euro 2020 ini masih bersifat wacana sementara.

Mereka tahu bahwa ke-10 negara yang sudah mempersiapkan Euro dari jauh-jauh hari tentu keberatan jika penyelenggaraan Euro hanya diplot di satu atau dua negara saja.

Untuk itu Mereka akan membahas lebih lanjut dalam rapat yang digelar UEFA beberapa waktu yang akan datang.

3 dari 3 halaman

Penundaan Liga

Dampak virus corona membuat Liga Domestik Eropa musim 2019/2020 mayoritas ditangguhkan.

UEFA berharap semua kompetisi bisa selesai pada tanggal 30 Juni, namun jika melihat perkembangan saat ini, nampaknya kecil kemungkinan liga-liga bisa dilanjutkan kembali.

(The Daily Mail)

KOMENTAR