BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Barisan Manajer Italia di Balik Sukses Chelsea di Pentas Eropa

30-05-2019 09:11 | Asad Arifin

Maurizio Sarri mengangkat trofi Liga Europa usai membawa Chelsea menang atas Arsenal, Kamis (30/5). (c) AP Photo Maurizio Sarri mengangkat trofi Liga Europa usai membawa Chelsea menang atas Arsenal, Kamis (30/5). (c) AP Photo

Bola.net - Dalam sejarahnya, Chelsea memang cukup akrab dengan manajer yang berasal dari Italia. Bahkan, di balik sejumlah sukses The Blues meraih gelar juara di kompetisi level Eropa, ada pria asal Italia yang menjabat sebagai manajer.

Chelsea baru saja meraih gelar juara di pentas Liga Europa musim 2018/19. The Blues meraih gelar usai menang dengan skor 4-1 atas Arsenal pada laga final yang digelar di Stadion Olimpia Baku, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.

Chelsea meraih gelar Liga Europa di bawah kendali Maurizio Sarri sebagai manajer, pria yang berasal dari Italia. Dan, ternyata Sarri bukan pria Italia pertama yang membawa Chelsea berjaya di Eropa.

Pada musim 2011/12 lalu misalnya, saat itu Chelsea sukses menjadi juara di Liga Champions. Yang duduk di kursi manajer pada waktu itu adalah Roberto Di Matteo. Saat itu, status Roberto Di Matteo adalah manajer pengganti.

Satu lagi manajer Italia yang pernah membawa Chelsea berjaya di level Eropa adalah Gianluca Vialli. Dia membawa tim asal London Barat menjadi juara UEFA Winners Cup pada musim 1997/90. Vialli juga membawa Chelsea jadi juara UEFA Super Cup tahun 1998.

Menariknya, saat itu status Gianluca Vialli adalah sebagai manajer yang juga masih aktif sebagai pemain di Chelsea.


Sarri, Di Matteo dan Vialli menjadi warna tersendiri dalam sejarah Chelsea. Namun, bukan mereka saja wajah Italia di sejarah Chelsea. Masih ada banyak yang lain. Siapa saja? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Berjodoh dengan Manajer Italia

Gianluca Vialli menjadi manajer asal Italia pertama di Chelsea. Setelah itu, Chelsea cukup rutin memakai jasa juru taktik yang berasal dari Italia.

Pada tahun 2000, Claudio Ranieri ditunjuk menjadi manajer Chelsea. Dia termasuk sosok yang membangun fondasi awal Chelsea pasca masuknya Roman Abramovich. Claudio Ranieri bertahan hingga tahun 2004.

Setelah itu, ada juga nama Carlo Ancelotti yang menjadi manajer Chelsea pada tahun 2009 hingga 2011. Don Carlo mampu memberikan tiga gelar juara yakni Premier League, Piala FA dan Community Shield.

Roberto Di Matteo menjadi manajer Italia dengan masa bakti yang pendek yakni pada Maret 2012 hingga November 2012. Statusnya saat memberi gelar juara Liga Champions adalah pengganti Andre Villas-Boas. Awalnya Di Matteo jadi asisten.

Antonio Conte melanjutkan tautan antara Chelsea dengan manajer asal Italia. Conte berada di Stamford Bridge pada tahun 2016 hingga 2018. Eks gelandang Timnas Italia itu memberi gelar juara Premier League dan Piala FA. Dia lantas digantikan oleh Sarri pada musim 2018/19 ini.

Menariknya, Chelsea juga punya sejumlah pemain legendaris asal Italia. Selain Gianluca Vialli, ada juga nama Gianfranco Zola [kini jadi asisten pelatih] dan Carlo Cudicini.

Para Bek Premier League yang Berbahaya pada Pekan Pertama

KOMENTAR