AC Milan 0-1 Manchester United: Catatan di Balik Sukses Setan Merah

Gia Yuda Pradana | 19 Maret 2021, 10:43
Selebrasi Paul Pogba usai mencetak gol krusial dalam duel AC Milan vs Manchester United, Liga Europa 2020/21. (c) AP Photo
Selebrasi Paul Pogba usai mencetak gol krusial dalam duel AC Milan vs Manchester United, Liga Europa 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses melaju ke Delapan Besar Liga Europa 2020/2021. Dalam Babak 16 Besar, Setan Merah sukses melewati adangan AC Milan dengan agregat 2-1.


Sukses United pada Babak 16 Besar ini ditentukan pada leg kedua yang dihelat di San Siro, Jumat (19/03) dini hari WIB. Pada laga tersebut, United sukses meraih kemenangan 1-0 dari tuan rumah melalui gol Paul Pogba.

Kendati sukses meraih kemenangan pada laga yang digelar di kandang AC Milan, ada sejumlah catatan dari penampilan Manchester United. Apa saja catatan-catatan yang mengiringi sukses Setan Merah? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Efektif Cetak Peluang

Aksi Bruno Fernandes di laga Arsenal vs Manchester United, Liga Europa 2020/21. (c) AP Photo

Dalam pertandingan kontra AC Milan, United sejatinya kalah dalam penguasaan bola. Pada laga ini, Setan Merah hanya mencatatkan 49,3 persen penguasaan bola.

Namun, dari peluang yang lebih sedikit ini, para penggawa United mampu mencetak peluang lebih banyak ketimbang AC Milan. Dalam laga ini, mereka melepas 13 tembakan ke gawang Il Diavolo Rosso. Sementara, Milan, dengan penguasaan bola 50,7 persen, hanya mampu melepas sepuluh tembakan ke gawang Setan Merah.

Keunggulan United dalam mencetak peluang tak lepas dari keunggulan mereka dalam akurasi umpan. Whoscored mencatat, dalam laga ini United melepas 521 umpan, di mana 85% di antaranya atau 443 umpan tepat sasaran.

Sementara, kendati unggul dalam jumlah umpan yang dilepaskan -529 umpan, akurasi Milan lebih buruk ketimbang United. Mereka 'hanya' mencatat akurasi umpan sebesar 82%, atau 'hanya' 434 umpan yang tepat sasaran.

Yang juga tak boleh dilupakan adalah United lebih banyak melepas umpan di area pertahanan AC Milan. Sementara, Il Diavolo Rosso justru banyak melepas umpan di wilayah mereka sendiri.

2 dari 3 halaman

Kalah Kualitas Peluang

Zlatan Ibrahimovic pada laga AC Milan vs Manchester United di babak 16 Besar Liga Europa (c) AP Photo

Namun, yang harus menjadi catatan bagi United, keunggulan jumlah peluang yang mereka miliki tak berbanding lurus dengan kualitas peluang tersebut. Untuk urusan kualitas peluang, skuad besutan Ole Gunnar Solskjaer ini harus mengakui keunggulan Milan.

Laman Infogol mencatat, pada laga ini, United memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 0,79. Nilai ini merupakan total nilai dari 13 peluang yang mereka miliki. Jika dirata-rata, tiap peluang mereka 'hanya' bernilai 0,06.

Sementara, dalam pertandingan ini, Milan mencatat nilai xG sebesar 0,98. Nilai ini merupakan akumulasi dari sepuluh peluang yang mereka miliki. Rata-rata, peluang anak asuh Stefano Pioli ini memiliki nilai xG sebesar 0,09.

Peluang terbesar United pada laga ini datang dari Fred pada menit ke-47 ketika sepakan kaki kirinya diblok penggawa AC Milan. Peluang ini memiliki nilai xG sebesar 0,21.

3 dari 3 halaman

Pertahanan Setan Merah Murah Hati

Skuat Manchester United merayakan gol Paul Pogba ke gawang AC Milan (c) AP Photo

Pada laga ini, para penggawa United juga masih kerap bermurah hati membiarkan para pemain lawan masuk ke area pertahanan mereka. Tercatat enam kali para penggawa Milan bebas melepas sepakan dari dalam kotak penalti mereka.

Dari enam peluang tersebut, Milan mencatat peluang terbesar mereka melalui Zlatan Ibrahimovic melalui sundulannya pada menit 73. Namun, beruntung bagi United, Dean Henderson sigap menggagalkan peluang bernilai xG 0,34 tersebut.

Dalam pertandingan ini, total nilai xG yang dihasilkan para penggawa Milan di dalam kotak penalti United adalah 0,89.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR