5 Pelajaran Laga LASK vs Tottenham: Jose Mourinho Lupa Cara Parkir Bus?

Asad Arifin | 4 Desember 2020, 08:37
LASK vs Tottenham. (c) AP Photo
LASK vs Tottenham. (c) AP Photo

Bola.net - Tottenham bermain imbang 3-3 melawan LASK pada duel matchday kelima fase Grup Liga Europa. Laga Grup J ini digelar di Stadion Linzer, Jumat (4/12/2020) dini hari WIB.

Jose Mourinho tidak memainkan tim terbaiknya pada duel ini. Hasilnya Tottenham sempat kesulitan di babak pertama dan kebobolan lebih dulu. Namun, Gareth Bale mampu menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti.

Tottenham sempat unggul 2-3, dari gol Son Heung-min dan Dele Alli. Namun, LASK memberi perlawanan sengit dan membuat laga berakhir dengan skor 3-3 dari gol Mamadou Karamoko pada menit 90+3.

LASK dipastikan gagal lolos ke babak 32 Besar, sebaliknya Tottenham yang melaju. LASK [7 poin] masih bisa menyamai capaian raihan Tottenham [10 poin], tetapi kalah head to head karena kalah di laga sebelumnya.

Tottenham yang berstatus pemuncak klasemen Premier League ditahan imbang LASK. Pelajaran apa yang bisa dipetik dari laga ini? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Perlawanan Gemilang LASK

Pemain LASK, Peter Michorl (kanan). (c) AP Photo

Pemain LASK, Peter Michorl (kanan). (c) AP Photo

LASK membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke babak 32 Besar Liga Europa. Mereka pun tampil ngotot untuk bisa menang dan membalas kekalahan dengan 3-0 di kandang Tottenham.

LASK menunjukkan spirit yang luar biasa. Mereka tertinggal dengan skor 2-3 pada menit ke-86, setelah Tottenham mendapat penalti yang dieksekusi dengan sukses oleh Dele Alli. Akan tetapi, LASK tidak menyerah.

Pada menit 90+3, LASK mencetak gol dan membuat kedudukan imbang 3-3. LASK memang gagal mencapai target tiga poin dan gagal lolos ke 32 Besar. Akan tetapi, apa yang ditampilkan saat berjumpa Tottenham patut diacungi jempol.

2 dari 5 halaman

Awal Lambat Tottenham

Pemain Tottenham, Gareth Bale. (c) AP Photo

Pemain Tottenham, Gareth Bale. (c) AP Photo

Tottenham memulai pertandingan dengan lambat. Pada babak pertama, tak banyak peluang yang mampu diciptakan pasukan Jose Mourinho. Tottenham justru harus kebobolan lebih dulu pada menit ke-42.

Squawka mencatat Tottenham hanya punya satu peluang sepanjang babak pertama. Namun, The Lily White akhirnya mampu mencetak gol lewat eksekusi penalti Gareth Bale pada menit 45+2.

Tottenham bermain lebih baik dan intensif pada babak kedua. Sejumlah pergantian yang dilakukan Mourinho juga berbuah positif. Namun, mereka belum cukup solid untuk meraih tiga poin/

3 dari 5 halaman

Lupa Cara Parkir Bus?

Manajer Tottenham, Jose Mourinho (c) AP Photo

Manajer Tottenham, Jose Mourinho (c) AP Photo

Tottenham tidak kebobolan satu gol pun dalam empat laga, sebelum berjumpa LASK. Catatan apik ini sekaligus menegaskan Mourinho adalah ahlinya dalam meracik tim dengan strategi bertahan alias parkir bus.

Pada empat laga tersebut, lawan yang dihadapi Tottenham punya kualitas bagus. Tottenham mampu menjaga gawangnya untuk tidak kebobolan saat berjumpa Man City dan Chelsea.

Namun, di laga melawan LASK, tim racikan Mourinho seperti lupa cara parkir bus. Mereka kebobolan tiga gol. Ini adalah kali kedua Tottenham kebobolan tiga gol pada musim 2020/2021, sebelumnya lawan West Ham.

4 dari 5 halaman

Pemain Pilihan Mourinho

Pemain Tottenham merayakan gol Harry Winks (kedua dari kiri) saat menghadapi Ludogorets dalam laga lanjutan fase grup Liga Europa, Jumat (27/11/2020). (c) AP Photo

Pemain Tottenham merayakan gol Harry Winks (kedua dari kiri) saat menghadapi Ludogorets dalam laga lanjutan fase grup Liga Europa, Jumat (27/11/2020). (c) AP Photo

Jose Mourinho memainkan sejumlah pemain pelapis pada duel melawan LASK. Namun, Mourinho juga tetap memainkan sejumlah pemain inti. Ada kombinasi yang menarik dari starting XI pilihan Mourinho.

Son Heung-min tetap bermain. Begitu juga dengan Pierre-Emile Hojbjerg dan Tanguy Ndombele. Tiga pemain ini menjadi pilar penting Tottenham era Mourinho, juga Harry Kane dan Sergio Reguilon yang kali ini absen.

Eric Dier duduk di bangku cadangan. Duet Japhet Tanganga dan Davinson Sanchez dipercaya sebagai bek tengah. Lalu, ada Lucas Moura dan Gareth Bale yang kali ini bermain sejak menit awal.

Mourinho dihadapkan pada situasi sulit. Mereka butuh poin dari LASK untuk lolos ke 32 Besar, tetapi juga harus menyiapkan pemain untuk laga penting lawan Arsenal akhir pekan nanti.

5 dari 5 halaman

Tentang Son Heung-min

Winger Tottenham, Son Heung-Min (c) AP Photo

Winger Tottenham, Son Heung-Min (c) AP Photo

Son Heung-min kini tengah berada dalam momen terbaiknya. Pemain asal Korea Selatan terus memberikan kontribusi kepada Tottenham, tak terkecuali pada laga melawan LASK.

Son Heung-min, yang kali ini tidak didampingi Harry Kane, tetapi tampil bagus. Mantan pemain Bayer Leverkusen itu mencetak gol pada menit ke-56. Ini adalah gol ke-10 dari Son pada musim 2020/2021.

Son Heung-min telah memainkan 14 laga di semua kompetisi, dengan torehan 10 gol dan empat assist. Musim yang indah siap menanti pemain 28 tahun.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR