5 Pelajaran Kemenangan Tipis Arsenal di Kandang Bodo/Glimt: Saka Berkelas, Enam Pertandingan Menang Terus!

Abdi Rafi Akmal | 14 Oktober 2022, 06:15
5 Pelajaran Kemenangan Tipis Arsenal di Kandang Bodo/Glimt: Saka Berkelas, Enam Pertandingan Menang Terus!
Selebrasi para pemain Arsenal setelah menjebol gawang Bodo/Glimt pada pekan ke-4 Grup A Liga Europa 2022/2023, Kamis (13/10/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal menjalani laga berat melawan tim kecil, Bodo/Glimt, Kamis (13/10/2022) malam WIB. Laga yang berlangsung di Aspmyra Stadium, Norwegia itu berakhir dengan skor 1-0 bagi kemenangan Arsenal. Bukayo Saka jadi pencetak gol semata wayang di menit ke-24.

Kemenangan tersebut mengokohkan posisi Arsenal di puncak klasemen Grup A Liga Europa 2022/2023. Dari tiga laga yang sudah dijalani, Arsenal menang tiga kali.

Di balik kemenangan tersebut, Arsenal harus susah payah. Arsenal yang tajam dan menarik di awal musim ini mendadak menjelma jadi Arsenal yang membosankan seperti dalam tiga musim terakhir.

Untungnya tiga poin berhasil didapatkan dan menenangkan para penggemar. Mereka berharap Arsenal segera meninggalkan performa jelek tersebut dan langsung fokus di laga selanjutnya.

Hm, apa lagi ya kira-kira pelajaran dari kemenangan Arsenal tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya, Bolaneters~

1 dari 5 halaman

Lewati Ujian

Bermain di kandang Bodo/Glimt sebenarnya jadi ujian tersendiri bagi Arsenal. Penyebabnya tekstur lapangan yang berbeda dari biasanya. Istilahnya adalah ‘artificial pitch’.

Perbedaan antara lapangan milik Bodo/Glimt itu memang sangat berefek. Buktinya, manajer AS Roma sampai menyalahkan lapangan ‘plastik’ tersebut atas kekalahan 1-6 yang dialami timnya bertandang ke sana.

Bodo/Glimt bahkan mencatatkan 14 kemenangan laga kandang beruntun selama bermain di kompetisi Eropa. Rekor itu putus di tangan Roma.

Jadi dengan kesulitan yang sama, Arsenal sebenarnya bisa diapresiasi karena bisa melewati ujian tersebut. Selain lapangan plastik, udara dingin juga jadi rintangan yang harus diatasi oleh para pemain Arsenal.

2 dari 5 halaman

Saka Berkelas

Saka sudah sempat mengejutkan publik dengan dua golnya ke gawang Liverpool pada pekan ke-10 Liga Inggris 2022/2023. Ia menjadi pemain termuda kedua di Arsenal yang berhasil cetak 20 gol di Premier League, hanya kalah dari Nicolas Anelka.

Lalu saat bertandang ke Norwegia bagian utara, lokasi markasnya Bodo/Glimt, Saka kembali mencuri perhatian. Tanpa golnya itu, Arsenal tidak akan membawa pulang tiga poin.

Saka juga semakin berkelas karena kini ia telah mengoleksi empat gol dan empat assist dari 12 laga yang dijalaninya di semua ajang. Sebagai perbandingan, di musim lalu ia mencatatkan 19 kontribusi gol dari 43 pertandingan.

3 dari 5 halaman

Satu Kaki di Babak Gugur

Kemenangan tersebut membuat Arsenal semakin solid di puncak klasemen Grup A. Torehan sembilan poin ini tidak diikuti oleh tim lain di grup yang sama.

Dengan begitu, satu kaki Arsenal sebenarnya sudah menginjak di fase gugur. Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mendapatkan satu kali kemenangan lagi.

Kemungkinan lolos pun besar karena Arsenal akan segera menghadapi PSV Eindhoven di laga berikutnya. Kemenangan akan membuat jalan lolos dari fase grup terbuka lebar.

4 dari 5 halaman

Enam Pertandingan Menang Terus

Arsenal tercatat menang terus dalam enam laga terakhir. Menurut catatan dari Express, ini adalah yang pertama kali setelah tahun 2018 Arsenal juga sempat mencatatkan enam pertandingan kemenangan beruntun.

Padahal dari enam laga terakhir ini, Arsenal dihadapkan pada dua tim besar, yaitu Liverpool dan Tottenham. Sebelumnya, Arsenal sempat diprediksi akan merana melawan tim besar, seperti saat ditaklukkan Man United.

Bekal ini sudah lebih dari cukup bagi Arsenal untuk menghadapi laga-laga yang akan datang sebelum Piala Dunia 2022 bergulir.

5 dari 5 halaman

Matt Turner Bisa Diandalkan

Tidak ada yang menyangka bahwa penampilan Matt Turner akan jadi yang paling menonjol saat Arsenal menang melawan Bodo/Glimt. Di samping golnya Saka, Turner menjadi sosok yang menghentikan setiap peluang yang datang dari lawan.

Dirinya sendiri hanya dianggap sebagai kiper pelapis. Tidak ada yang berharap banyak soal kualitas yang dimilikinya.

Jadi apa yang ditampilkannya ketika melawan Bodo/Glimt jadi hal yang luar biasa. Turner benar-benar bisa diandalkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh Arsenal.

Sumber: Express

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR