BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran AC Milan vs Sparta Praha: Laga yang Bikin Pusing Stefano Pioli

30-10-2020 07:29 | Asad Arifin

Skuat AC Milan rayakan golnya ke gawang Sparta Praha di matchday 2 Liga Europa 2020-21. (c) AP Photo Skuat AC Milan rayakan golnya ke gawang Sparta Praha di matchday 2 Liga Europa 2020-21. (c) AP Photo

Bola.net - AC Milan berjumpa Sparta Praha di matchday kedua Grup H Liga Europa, Jumat (30/10/2020) dini hari WIB. Rossoneri tidak menemui kesulitan berarti pada duel yang digelar di San Siro itu.

Milan membuka keran golnya pada menit ke-24, saat umpan Zlatan Ibrahimovic dituntaskan Brahim Diaz menjadi gol. Milan sempat punya peluang emas, tetapi penalti Ibrahimovic dari eksekusi penalti gagal.

Pada babak kedua, Milan tampil makin agresif. Masuknya Rafael Leao membuat lini depan Milan tampil menjanjikan. Pemain 21 tahun itu mencetak gol pada menit ke-57.

Milan memastikan kemenangan dengan skor 3-0 setelah Diogo Dalot mencetak gol pada menit ke-66.

AC Milan kini berada di puncak klasemen Grup H. Rossoneri mendapat enam poin, mencetak enam gol dan hanya kebobolan satu gol saja. Milan selanjutnya akan berjumpa Lille pada 6 November yang akan datang.

Lantas, pelajaran apa yang bisa dipetik dari laga AC Milan vs Sparta Praha? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Rafael Leao Lupakan Mimpi Buruk Musim Lalu

Rafael Leao kembali tampil bagus untuk Milan. Pemain 21 tahun itu mencetak satu gol ke gawang Sparta Praha. Rafael Leao sendiri hanya bermain selama 45 menit pada laga kali ini.

Gol ke gawang Praha menjadi gol ketiga Rafael Leao untuk Milan pada musim 2020/2021. Catatan ini sudah mencapai 50 persen total gol yang dicetak Rafael Leao pada musim pertamanya di Milan.

Milan membeli Rafael Leao dengan harga 30 juta euro pada awal musim 2019/2020 lalu. Pada musim pertamanya, pemain dari Portugal itu gagal memberi dampak besar dan lebih sering menjadi pemain pengganti. Kini, Rafael Leao siap menatap musim yang besar bersama Milan.

2 dari 5 halaman

Kedalaman Skuad AC Milan

Stefano Pioli (c) LaPresse via AP Photo Stefano Pioli (c) LaPresse via AP Photo

Stefano Pioli membuat sejumlah perubahan susunan pemain inti di laga melawan Sparta Praha. Beberapa pemain selama ini lebih sering duduk di bangku cadangan tampil sejak menit awal.

Diogo Dalot, Brahim Diaz, dan Rade Krunic bermain sejak menit awal. Samu Castillejo dan Sandro Tonali juga dipercaya tampil sejak menit awal setelah beberapa laga terakhir memulai dari bangku cadangan.

Stefano Pioli harusnya senang dengan aksi pemain pelapisnya di laga melawan Praha. Sebab, mereka menunjukkan mampu menjadi andalan Milan. Namun, hal ini juga membuat Pioli bakal pusing untuk menentukan tim inti.

"Saya akui akan suli memilih starting XI karena semua pemain tampil dengan sangat baik," kata Pioli.

3 dari 5 halaman

Aksi Gemilang Diogo Dalot

selebrasi Brahim Diaz dan Diogo Dalot di laga AC Milan vs Sparta Praha. (c) AP Photo selebrasi Brahim Diaz dan Diogo Dalot di laga AC Milan vs Sparta Praha. (c) AP Photo

Diogo Dalot menjalani musim yang sulit bersama Manchester United. Dua musim bermain untuk Setan Merah, penampilan pemain asal Portugal itu sama sekali jauh dari kata mengesankan.

Namun, Diogo Dalot seperti telah menemukan kehidupan baru di AC Milan. Setelah proses adaptasi dan penyesuaian kondisi fisik, Diogo Dalot langsung tancap gas di AC Milan.

Pemain 21 tahun itu mencetak satu gol dan satu assist pada laga melawan Sparta Praha. Diogo Dalot memang belum pernah dimainkan sekali pun di laga Serie A. Akan tetapi, jika melihat aksinya di laga melawan Praha, maka Theo Hernandez harus waspada dengan posisinya.

4 dari 5 halaman

Zlatan Ibrahimovic Butuh Istirahat

Selebrasi Zlatan Ibrahimovic usai membobol gawang Inter Milan Sabtu (17/10/2020) (c) AP Photo Selebrasi Zlatan Ibrahimovic usai membobol gawang Inter Milan Sabtu (17/10/2020) (c) AP Photo

Stefano Piolo kembali memainkan Zlatan Ibrahimovic sejak menit awal di laga melawan Sparta Praha. Hanya saja, kali ini pemain 39 tahun bermain selama 45 menit saja.

Ibrahimovic membuat assist untuk gol yang dicetak Brahim Diaz. Namun, dia juga gagal mencetak gol dari eksekusi penalti. Bukan performa yang buruk bagi pemain asal Swedia.

Ibrahimovic memang sengaja tidak dimainkan secara penuh. Sebab, Milan punya jadwal yang padat dan tenaga Ibrahimovic harus dihemat. "Zlatan mungkin ingin terus bermain, tetapi kami punya laga sulit lainnya di hari Minggu," kata Pioli.

5 dari 5 halaman

Transfer Jitu AC Milan

Diogo Dalot (c) AP Photo Diogo Dalot (c) AP Photo

Paolo Maldini pantas mendapatkan kredit atas performa apik AC Milan di awal musim 2020/2021. Sebab, sebagai otak tim di bursa transfer, Maldini menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Maldini tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendapatkan jasa Brahim Diaz dan Diogo Dalot. Keduanya datang dengan status pinjaman karena tidak dipakai di timnya. Namun, mereka tampil apik di Milan.

Selain itu, Maldini juga hanya membayar 4 juta euro untuk bisa mendapatkan jasa Jens Peter Hauge. Paling gemilang tentu saja transfer Sandro Tonali. Walau sang pemain belum tampil menjanjikan, Tonali menjadi investasi jangka panjang Rossoneri.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR