BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Alasan Real Sociecad Bisa Bungkam Manchester United

17-02-2021 16:13 | Gia Yuda Pradana

Liga Europa, Real Sociedad vs Manchester United (c) Bola.net
Liga Europa, Real Sociedad vs Manchester United (c) Bola.net

Bola.net - Real Sociedad akan menjamu Manchester United pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa 2020/21. Pertandingan bakal dihelat di Allianz Stadium, Turin, Jumat (19/02/2021) pukul 00.55 WIB.

Laga ini seharusnya digelar di Stadion Anoeta, markas Real Sociedad. Namun, karena Pemerintah Spanyol memberlakukan larangan penerbangan masuk dari Inggris, perebutan tiket babak 16 besar digelar di Italia.

Melansir Transfermarkt, pertandingan ini akan menjadi pertemuan ketiga bagi kedua tim setelah bersua pada fase grup Liga Champions 2013/14. Saat itu, Manchester United menang dan menahan imbang Real Sociedad.

Jika merujuk hasil pertemuan tersebut, Setan Merah memang lebih unggul dari Erreala La Real –julukan Sociedad-. Tapi, situasi sudah banyak berubah, komposisi dan kekuatan kedua kesebelasan juga berbeda.

Artinya, peluang Real Sociedad untuk mengalahkan Manchester United masih cukup terbuka. Apalagi Bola.net mencatat ada lima alasan yang bisa membuat tim besutan Imanol Alguacil bisa menuai hasil.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Senjata Bernama Mikel Oyarzabal dan David Silva

David Silva kala berseragam Manchester City (c) Bola.net
David Silva kala berseragam Manchester City (c) Bola.net

Real Sociedad punya senjata berbahaya di lini serang yang bisa mengancam gawang Manchester United. Dia adalah striker kelahiran Spanyol, Mikel Oyarzabal.

Oyarzabal sudah mencetak 10 gol dari 18 kali penampilannya di La Liga musim ini. Bahkan, laman whoscored mencatat, dia telah berkontribusi untuk 27% gol Real Sociedad hingga tim tersebut bisa menembus lima besar klasemen sementara.

La Real juga punya David Silva yang pernah menghadapi Manchester United saat berseragam Manchester City. Menurut data transfermarkt, dia mencetak 4 gol dan 4 assist dari 18 kali pertemuannya dengan Setan Merah di Inggris.

2 dari 5 halaman

Motivasi Sang Mantan

Adnan Januzaj (c) AFP
Adnan Januzaj (c) AFP

Di kubu Real Sociedad, ada pemain yang berstatus sebagai mantan penggawa Manchester United, yakni Adnan Januzaj. Gelandang kelahiran Brussel, Belgia tersebut meninggalkan Old Trafford pada 2017 lalu.

Laga melawan Manchester United di Europa League diyakini akan memberikan motivasi tersendiri bagi Adnan Januzaj. Apalagi, selama berseragam Setan Merah, dia lebih sering dipinjamkan, Borussia Dortmund dan Sunderland pernah menggunakan jasanya.

Performanya dengan Real Sociedad juga tidak terlalu buruk, laman whoscored mencatat Adnan Januzaj telah menyumbang 2 gol dan 2 assist di La Liga musim ini.

3 dari 5 halaman

Manchester United Pincang

Paul Pogba (c) AP Photo
Paul Pogba (c) AP Photo

Dilansir Sportsmole, Manchester United hampir pasti tidak diperkuat Paul Pogba melawan Real Sociedad. Gelandang timnas Prancis itu diprediksi baru bisa tampil pada leg kedua setelah cedera hamstring-nya benar-benar pulih.

Meski tidak berpengaruh signifikan, absennya Pogba pada kompetisi ini bisa menjadi kerugian bagi Manchester United. Mengingat, sebelum cedera, mantan pemain Juventus itu menunjukkan peningkatan performa.

Pogba menjadi kunci kemenangan ketika Setan Merah mengalahkan Burnley dan Fulham Januari lalu. Dia mencetak masing-masing satu gol pada pertandingan itu.

Selain Pogba, pemain yang sudah pasti absen adalah Phil Jones. Sejak cedera pada akhir Januari 2020 lalu, bek senior Manchester United tersebut belum dipastikan kapan akan kembali membela Setan Merah.

4 dari 5 halaman

Rekor Buruk MU Lawan Tim Spanyol

Opta mencatat Manchester United tidak pernah menang melawan tim asal Spanyol dalam 9 laga terakhir di pentas Eropa. Dalam cuitan yang dipublikasikan 14 Desember 2020, akun @Optajoe menyebut Setan Merah kalah 6 kali dan imbang 3 kali.

Masih menurut Opta, Manchester United juga kalah dalam empat pertandingan terakhirnya melawan tim Spanyol. Termasuk ketika disingkirkan Sevilla di semifinal Liga Europa musim 2019/2020.

5 dari 5 halaman

Performa Real Sociedad Kembali Meningkat

Mikel Oyarzabal (c) LaLiga
Mikel Oyarzabal (c) LaLiga

Setelah gagal menang dalam tiga laga di La Liga, Real Sociedad akhirnya bisa menyapu bersih poin di dua laga terakhirnya. La Real secara beruntun menghajar Cadiz dan Getafe.

Hasil itu menjadi tanda bahaya bagi Manchester United yang belum benar-benar konsisten di liga domestik. Terbaru, Setan Merah bermain imbang melawan West Bromwich Albion pada pekan ke-24 Premier League.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR