Tolak Klub China Demi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Skuat Garuda Punya Potensi

Yaumil Azis | 11 Januari 2022, 14:23
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berbicara panjang lebar dalam siniar Close the Door milik Deddy Corbuzier. Pria asal Korea Selatan itu menjelaskan alasannya memilih Skuat Garuda dibandingkan tawaran dari klub China.


Tae-yong mendapatkan apresiasi besar setelah membawa Timnas Indonesia melaju jauh di pentas Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura selama Desember 2021 hingga Januari 2022. Tidak bisa dimungkiri, keberhasilan itu terjadi berkat kemampuannya dalam meracik strategi.

Skuat Garuda tampil cemerlang di kompetisi tersebut. Mereka berhasil lolos dari Grup B dengan rekor tiga kemenangan dan satu kali imbang dari empat pertandingan. Padahal, Indonesia tergabung dengan negara kuat seperti Vietnam dan Malaysia.

Secara keseluruhan, Asnawi Mangkualam dkk cuma menelan satu kekalahan saja. Itu pun di partai leg pertama babak final melawan Thailand. Sayang, kekalahan itulah yang membuat Timnas Indonesia gagal keluar sebagai juara.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Alasan Memilih Timnas Indonesia

Kisah ini mungkin saja gagal terjadi kalau Shin Tae-yong tidak menerima tawaran dari Indonesia. Sebab sebelum itu, ia telah didekati oleh salah satu klub profesional China dengan janji uang yang lebih besar.

Namun Shin Tae-yong tidak hanya mengejar uang. Ia melihat sesuatu yang bisa didapatkan dari Timnas Indonesia selain dari materi. Sang pelatih menjelaskannya ketika diundang hadir dalam siniar Close the Door Deddy Corbuzier.

"Saya sudah berpengalaman dalam berbagai macam turnamen seperti Piala Dunia U-20 di Korea, Olimpiade juga, dan juga Piala Dunia Rusia. Setelah itu mendapatkan tawaran dari Indonesia," buka Shin Tae-yong kepada Deddy Corbuzier.

"Sebelumnya juga sudah mendapatkan tawaran dari China. Tetapi, [saya] lebih tertarik dengan Indonesia dan saya juga melihat potensi dari pemain-pemain Indonesia. Jadi saya ambil Indonesia."

2 dari 2 halaman

Uang dari China Menjanjikan, Tapi...

Sepak bola Indonesia kerap dipandang sebelah mata karena minimnya prestasi. Namun Shin Tae-yong meyakini bahwa Skuat Garuda memiliki potensi untuk mengepakkan sayapnya di kancah internasional lebih lebar dari yang sekarang.

"Kalau melihat uang saja, [saya] lebih tertarik China. Tetapi kalau lihat masa depan, Indonesia lebih terlihat harapannya," katanya menambahkan.

"Bedanya, [tawaran dari Indonesia] datang dari Timnas. Kalau China klub profesional," Shin Tae-yong menjelaskan, sekaligus menegaskan kalau tawaran uang dari China lebih menjanjikan dari Skuat Garuda. "Manusia itu harus punya impian dan masa depan," pungkasnya.

(Siniar Close the Door)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR