Timnas Singapura Bawa 11 Debutan di Piala AFF 2020, Ini Skuad Lengkapnya

Editor Bolanet | 1 Desember 2021, 12:27
Starting XI Singapore ketika menghadapi Republik Kirgiz, 11 November 2021 lalu. (c) dok.FAS
Starting XI Singapore ketika menghadapi Republik Kirgiz, 11 November 2021 lalu. (c) dok.FAS

Bola.net - Timnas Singapura telah mengumumkan nama-nama pemain yang disiapkan untuk tampil di Piala AFF 2020. Dari nama-nama yang muncul, tercatat ada 11 pemain debutan untuk Piala AFF.


Para pemain debutan di Piala AFF itu antara lain seorang kiper, Zharfan Rohaizad, kemudian tiga pemain bertahan, Nur Adam Abdullah, Iqram Rifqi, dan Tajeli Salamat, lalu ada tiga pemain tengah, yaitu Saifullah Akbar, Hami Syahin, dan pemain kelahiran Korea Selatan, Song Ui-young, dan juga empat penyerang, Amy Recha, Hafiz Nor, Shawal Anuar, dan Ilhan Fandi.

Ilhan Fandi, yang awalnya berada di daftar tunggu, akhirnya masuk dalam skuad resmi yang dibuat oleh pelatih Tatsuma Yoshida. Artinya akan ada tiga putra dari legenda sepak bola Singapura, Fandi Ahmad, yang bakal tampil di Piala AFF 2020 ini, yaitu Ilhan, Irfan, dan Ikhsan.

"Sejak menyeleksi skuad sementara, saya bisa melihat sikap, tingkah laku, karakter, dan kondisi fisik mereka. Selama Piala AFF, kami harus tetap bersama, jadi penting bagi saya untuk melihat apa yang bisa mereka kerjakan bersama dan memperlihatkan kerja sama tim yang bagus," ujar Tatsuma Yoshida yang juga akan menjalani debutnya sebagai pelatih di Piala AFF.

"Latihan berjalan intens dan saya telah memilih tim ini dengan penuh kepercayaan diri, telah melihat setiap pemain pantas untuk bermain dan mengenakan jersey tim nasional," lanjut pelatih asal Jepang itu menatap Piala AFF 2020.

1 dari 3 halaman

Singapura Bersemangat

Singapura berada di Grup A, grup yang berbeda dengan Timnas Indonesia. Singapura akan memulai kiprahnya di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Myanmar, kemudian Filipina, Timor Leste, dan ditutup dengan laga kontra Thailand yang merupakan lima kali juara Piala AFF.

"Anak-anak sangat menyadari bahwa kami akan bermain di kandang dan di depan pendukung kami setelah lebih dari dua tahun. Jadi saya yakin mereka akan memperlihatkan potensi mereka yang sebenarnya dan memainkan setiap laga dengan penuh emosi, intens, serta semangat," ujar sang pelatih.

"Semangat tim bagus dan semua orang tahu peran mereka dalam tim, baik di dalam maupun di luar lapangan. Kami menghormati setiap lawan, dimulai dengan Myanmar. Namun, kami siap menghadapi segala tantangan," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Maksimal demi Suporter

Jika Timnas Indonesia dan Myanmar menggelar pemusatan latihan jelang Piala AFF 2020 di Turki, Singapura melakukannya di Dubai. Dalam pemusatan latihan itu, Singapura sempat beruji coba dengan Kirgistan dan Maroko. Singapura mengalami kekalahan dalam dua laga itu, masing-masing 1-2 dari Kirgistan dan 1-7 dari Maroko.

Persiapan Singapura pun berjalan dengan sangat baik. Sebagai tim tuan rumah, mereka termotivasi untuk bisa memberikan yang terbaik di depan para penggemar yang pastinya bisa memberikan dukungan dari jarak dekat.

"Ini turnamen yang besar bagi kami dan sebagai tim tuan rumah, kami tahu semua mata tertuju kepada kami dan ekspektasinya akan sangat tinggi. Saya telah melihat kerja keras dan upaya yang tak hanya dilakukan oleh rekan satu tim saya, tapi juga semua staf di balik layar," ujar kapten Timnas Singapura, Hariss Harun.

"Kami tidak membutuhkan motivasi lain untuk ke sana, bermain satu sama lain untuk bendera yang sama, dan semoga memberikan kebanggaan dan kegembiraan bagi Singapura dan para penggemar kami," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Skuad Singapura di Piala AFF 2020

View this post on Instagram

A post shared by FAS (@fasingapore)

Kiper: Hassan Sunny (Lion City Sailors), Izwan Mahbud (Hougang United), Syazwan Buhari (Tampines Rovers), Zharfan Rohaizad ( Tanjong Pagar United)

Bek: Amirul Adli, Nur Adam Abdullah, Tajeli Salamat (Sailors), Iqram Rifqi (Geylang International), Irfan Fandi (BG Pathum United), Nazrul Nazari (Hougang) , Safuwan Baharudin ( Selangor FC), Shakir Hamzah (Tanjong Pagar), Zulqarnaen Suzliman (Young Lions)

Gelandang: Adam Swandi, Hariss Harun, Saifullah Akbar, Shahdan Sulaiman, Song Uiyoung (Sailors), M. Anumanthan (Kedah FC), Hami Syahin (Young Lions), Zulfahmi Arifin (Sukhothai FC)

Penyerang: Faris Ramli , Hafiz Nor, Gabriel Quak (Sailors), Amy Recha (Geylang), Shawal Anuar (Hougang), Ilhan Fandi (Young Lions), Ikhsan Fandi (FK Jerv)

Sumber: The Straits Times

Disadur dari: Bola.com (Benediktus GP;1/12/21)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR