Timnas Malaysia Punya Pelatih Baru dari Korea Selatan, Namanya Kim Pan-gon

Asad Arifin | 21 Januari 2022, 15:00
Pelatih baru Timnas Malaysia, Kim Pan-gon (c) FAM
Pelatih baru Timnas Malaysia, Kim Pan-gon (c) FAM

Bola.net - Federasi sepak bola Malaysia (FAM) telah mengumumkan sosok yang akan menjadi pelatih kepala Timnas Malaysia. FAM menunjuk pelatih asal Korea Selatan yakni Kim Pan-gon.


Timnas Malaysia melakukan evaluasi usai gagal di Piala AFF 2020. Harimau Malaya yang menjadi unggulan tidak mampu berbuat banyak. Malaysia gagal di fase grup lantaran menelan kekalahan dari Indonesia.

Setelah gagal di Piala AFF 2020, pelatih kepala Tan Cheng Hoe memutuskan mundur. Sementara, pihak FAM melakukan evaluasi atas kegagalan yang terjadi. Kini, Malaysia siap memulai era baru bersama Kim Pan-gon.

Lantas, berapa tahun Kim Pan-gon mendapat kontrak dari FAM? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 2 halaman

Kontrak dan Target Kim Pan-gon

FAM tidak memberikan kontrak jangka panjang untuk Kim Pan-gon. Pelatih 52 tahun itu mendapat kontrak dengan durasi dua tahun. Target terdekatnya adalah laga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kim Pan-gon diharpan datang dan memulai pekerjaan sebagai pelatih Timnas Malaysia pada Februari 2022 nanti. Eks pelatih Timnas Hongkong itu akan ditemani empat orang asisten. Semuanya berasal dari Korea Selatan.

"Dia dan staf pelatihnya setelah itu akan mulai memantau para pemain segera setelah kompetisi Liga Malaysia 2022 untuk panggilan pertama dan pemustan latihan pada Maret 2022 sebagai persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni mendatang," tulis situs resmi FAM.

2 dari 2 halaman

Siapa Kim Pan-gon?

Pelatih asal Korea Selatan tampaknya sedang menjadi tren di sepak bola Asia Tenggara. Setelah Vietnam sukses dengan Park Hang-seo, Indonesia menyusul dengan menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih pada 2019 lalu.

Kini, Malaysia punya Kim Pan-go yang akan menjadi pelatih asal Korea Selatan ketiga di Asean.

Sebelum menerima tawaran Malaysia, Kim Pan-go pernah menjadi pelatih Timnas Hongkong. Kim Pan-go melatih Hongkon pada 2012 hingga 2017. Setelah itu, dia ditunjuk sebagai ketua Komite Pengawas Timnas Korea Selatan. Dia bertanggung jawab untuk segala hal yang terkait dengan tim senior dan U-23 Korea Selatan, termasuk penunjukkan pelatih.

Kim Pan-go adalah mantan pemain dan berposisi sebagai winger. Tapi, sebagai pemain, dia tidak pernah menembus timnas Korea Selatan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR