Timnas Indonesia vs Timor Leste: Sayap-sayap Garuda yang Siap Mencabik Pertahanan Timor Leste

Editor Bolanet | 27 Januari 2022, 16:02
Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek saat tampil melawan Antalyaspor di laga uji coba jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI
Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek saat tampil melawan Antalyaspor di laga uji coba jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI

Bola.net - Duel Timnas Indonesia vs Timor Leste dianggap penting oleh pelatih Shin Tae-yong. Karena itu, kemenangan menjadi incaran Tim Garuda pada laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (27/01/2022) nanti.


Secara kualitas, Timor Leste memang bukan lawan yang sepadan buat Timnas Indonesia. Sejarah mencatat, Timnas Merah Putih berhasil memenangi empat pertemuan terakhir melawan Timor Leste.

Namun, laga melawan Timnas Timor Leste bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia untuk memperbaiki peringkat FIFA. Selain itu, pelatih Shin Tae-yong juga menjadikan laga tersebut sebagai persiapan untuk agenda-agenda selanjutnya yang akan dimainkan sepanjang 2022.

"Laga ini sangat penting sebagai persiapan dan melihat perkembangan pemain jelang mengikuti Piala AFF U-23, SEA Games, dan Kualifikasi Piala Asia mendatang," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang gemar memainkan sepak bola menyerang dengan skema 4-3-3, 4-4-2, atau 4-2-3-1. Untuk mendukung serangan yang diinginkan tentu Shin Tae-yong membutuhkan kehadiran gelandang-gelandang lincah.

Menyadur dari Bola.com berikut adalah lima pemain sayap Timnas Indonesia yang siap meruntuhkan lini pertahanan Timor Leste pada laga FIFA Matchday nanti. Mereka memiliki kemampuan mumpuni dalam melakukan tusukan hingga mencetak gol. Siapa saja?

1 dari 5 halaman

Terens Puhiri

BRI Liga 1: Pemain Borneo FC, Terens Puhiri, berebut bola dengan pemain Persita Tangerang, Mohamad Edo (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Pemanggilan ke Timnas Indonesia senior baru untuk Terens Puhiri. Sebelumnya, pemain 25 tahun itu pernah membela Timnas Indonesia 2016.

Kesempatan ini tentu akan dimaksimalkan oleh Terens Puhiri. Apalagi pemain Borneo FC punya kelebihan yang bisa mendukung skema penyerangan Timnas Indonesia.

Terens Puhiri adalah gelandang sayap kanan dengan kelebihan berupa kecepatan berlari. Ini bisa dimaksimalkan Terens Puhiri untuk membantu alur serangan skuad Merah Putih.

2 dari 5 halaman

Yabes Roni

Yabes Roni kembali dipercaya memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday. Ini jadi kesempatan besar buat Yabes Roni untuk membuktikan kualitasnya

Yabes Roni bisa dimainkan sebagai gelandang sayap kiri, sayap kanan, dan penyerang tengah. Yabes Roni memiliki kemampuan fisik dan kelincahan berlari yang jadi keunggulannya dalam menusuk ke lini pertahanan lawan.

Yabes Roni sejauh ini sudah memainkan enam pertandingan untuk Timnas Indonesia. Kehadirannya tentu menjadi tambahan amunisi di sektor sayap untuk bisa mengalahkan Timor Leste.

3 dari 5 halaman

Ramai Rumakiek

Pemain Timnas Indonesia U-23, Ramai Rumakiek ketika tampil melawan Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Ramai Rumakiek merupakan pemain penting di skuad Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Meskipun bukan pemain inti, namun perannya tak bisa dipisahkan.

Ramai Rumakiek tercatat tampil sebanyak tujuh kali dan mencetak satu gol di Piala AFF 2020. Gelandang berusia 19 tahun itu bisa jadi andalan di Timnas Indonesia U-23.

Ramai Rumakiek merupakan pemain yang punya kelincahan dan kecepatan berlari. Selain menjadi motor serangan, kemampuan Ramai juga dinantikan untuk memecah kebuntuan di lini depan.

4 dari 5 halaman

Irfan Jaya

Irfan Jaya (tengah) merayakan golnya di laga Timnas Indonesia vs Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Irfan Jaya merupakan andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Pemain berusia 25 tahun itu punya peran penting di lini depan Timnas Indonesia.

Irfan Jaya memiliki kemampuan berlari yang merepotkan lawan. Selain itu, pemain Bali United tersebut juga punya akurasi tembakan yang baik.

Irfan Jaya tercatat mencetak tiga gol di Piala AFF 2020. Irfan Jaya hanya selisih satu gol dari Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin, Bienvenido Maranon, dan Safawi Rasid yang jadi top skorer bersama di Piala AFF 2020.

5 dari 5 halaman

Ronaldo Kwateh

BRI Liga 1: Pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh (nomor 77) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Ronaldo Kwateh mendapatkan kesempatan promosi ke Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong sepertinya terkesan dengan penampilan pemain berusia 17 tahun itu.

Meskipun masih berusia belia, namun Ronaldo Kwateh punya kemampuan yang mumpuni. Bermain di sektor sayap kanan, putra Roberto Kwateh itu punya kecepatan berlari yang baik.

Kelebihan itu dipadukan dengan kepercayaan diri dalam mengolah bola. Menarik untuk menyaksikan debut Ronaldo Kwateh bersama Timnas Indonesia senior.

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus H/Hendry W; 27/1/22)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR