Timnas Indonesia vs Timor Leste: Mengulas Komposisi Lini Belakang Skuad Garuda

Gia Yuda Pradana | 20 Januari 2022, 10:59
Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott (c) Dok. PSSI
Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott (c) Dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia bakal menghadapi Timor Leste di Bali pada FIFA Matchday akhir Januari 2022. 'Perang Saudara' ini bakal digelar dua kali di Pulau Dewata.


Dua laga melawan Timor Leste bakal dimainkan Timnas Indonesia pada 24 dan 27 Januari 2022. Lokasinya adalah Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah memanggil 27 nama pemain untuk menghadapi dua laga ini. Para pemain yang dipanggil juru taktik asal Korea Selatan itu memiliki berbagai latar belakang.

Ada yang merupakan nama-nama kawakan. Ada pula nama baru yang sebelumnya belum pernah merasakan dipanggil ke skuad Timnas Indonesia.

Untuk pemain di posisi belakang, Shin Tae-yong memanggil sembilan bek. Mereka adalah Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Fachrudin Aryanto, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Edo Febriansyah, Achmad Figo, Rizky Dwi, dan Bayu Fiqri.

Seperti apa komposisi lini belakang Timnas Indonesia untuk laga kontra Timor Leste? Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Dipimpin Fachrudin Aryanto

Aksi Nadeo Argawinata dan Fachruddin Aryanto di lini belakang Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Aksi Nadeo Argawinata dan Fachruddin Aryanto di lini belakang Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Dari sembilan pemain belakang yang dipanggil, Fachrudin Aryanto adalah nama paling senior. Ia satu-satunya pemain yang usianya di atas 30 tahun yang ada di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Sebagai pemain senior, tugas Fachrudin jelas. Ia harus membimbing rekan-rekannya yang jauh lebih muda terutama di lini belakang.

Sejauh ini Fachrudin menjalankan tugas itu dengan cukup baik. Di Piala AFF 2020 lalu, pemain berusia 32 tahun itu jadi salah satu pemain yang tak tergantikan di skuad Indonesia.

2 dari 3 halaman

Dua Debutan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Tujuh dari sembilan pemain belakang yang ada di skuad terkini Indonesia sudah dipanggil Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 lalu. Menariknya, ada dua pemain yang benar-benar baru kali ini merasakan dipanggil Timnas Indonesia.

Mereka adalah Bayu Fiqri dan Achmad Figo. Keduanya merupakan pemain muda yang sama-sama bermain di posisi bek sayap kanan.

Bayu Fiqri memiliki menit bermain yang lumayan di BRI Liga 1 musim ini. Bersama Persib Bandung, pemain berusia 20 tahun itu sudah tampil sebanyak 10 kali.

Sementara itu Achmad Figo sebenarnya jarang sekali dimainkan di Arema FC. Pemain asli Malang berusia 20 tahun itu sejauh ini baru punya catatan tiga penampilan bersama Arema di BRI Liga 1.

3 dari 3 halaman

Kesempatan Bereksperimen

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong memberikan instruksi ketika melawan Malaysia di penyisihan grup B Piala AFF 2020. (c) AFF Suzuki Cup

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong memberikan instruksi ketika melawan Malaysia di penyisihan grup B Piala AFF 2020. (c) AFF Suzuki Cup

Di atas kertas, kualitas yang dimiliki Timor Leste jauh di bawah Indonesia. Hal itu membuat Shin Tae-yong bisa melakukan beberapa eksperimen di laga nanti.

Pada ajang Piala AFF 2020 lalu, Shin Tae-yong beberapa kali menggunakan formasi empat bek. Di beberapa laga pelatih asal Korea Selatan itu juga pernah memasang formasi lima bek.

Di laga nanti, Shin Tae-yong bisa melakukan eksperimen, atau bahkan mencoba formasi lain. Misalnya saja 3-4-3, atau 3-5-2. Selain untuk memberikan opsi tambahan di laga resmi nanti, hal itu juga berguna untuk mengasah fleksibilitas para pemain belakang Timnas Indonesia.

Disadur dari: Bola.com/Bayu Satio/Hendry Wibowo

Published: 20 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR