Timnas Indonesia vs Malaysia, Shin Tae-yong Curhat Kondisi Terburuk Sepanjang Karier

Asad Arifin | 22 Mei 2022, 07:20
Shin Tae-yong melancarkan protes pada wasit di laga semifinal SEA Games 2021 antara Thailand vs Timnas Indonesia U-23  Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar
Shin Tae-yong melancarkan protes pada wasit di laga semifinal SEA Games 2021 antara Thailand vs Timnas Indonesia U-23 Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia dalam kondisi sulit jelang laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021. Pelatih Shin Tae-yong bahkan menyebut ini adalah kondisi paling buruk sepanjang kariernya sebagai pelatih.


Timnas Indonesia U-23 akan bentrok dengan Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021 di Stadion Nasional My Dinh, pada Minggu (22/5/2022) ini. Laga ini akan dimulai pada pukul 16.00 petang WIB.

Shin Tae-yong sudah memulai kiprahnya sebagai pelatih sejak 2008. Selain Timnas Indonesia U-23, pria kelahiran Gyeongbuk, Korea Selatan itu pernah memoles Timnas Korea Selatan dan Seongnam Ilhwa Chunma.

Dia punya pengalaman yang cukup panjang, tapi kini merasa dalam situasi sangat sulit. "Selama saya menjadi pelatih dalam belasan tahun, baru pertama kali merasakan situasi seperti ini. Paling buruk," kata Shin Tae-yong. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Hanya Punya 14 Pemain

Shin Tae-yong sedang pening. Bagaimana tidak, pelatih berusia 53 tahun itu kehilangan enam pemain untuk melawan Malaysia. Jadi, hanya ada 14 pemain yang siap untuk melawan Malaysia. Dua pemain adalah kiper.

Keenamnya adalah Firza Andika, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Elkan Baggott.

Firza, Irianto, dan Kambuaya tidak dapat bermain karena akumulasi kartu merah. Ketiganya diusir wasit tatkala Garuda Muda kalah 0-1 dari Thailand dalam babak semifinal SEA Games 2021 pada 19 Mei 2022.

2 dari 2 halaman

Bersiap dengan Baik

Wasit asal Uni Emirat Arab, Yahya Ali Al Mulla memberikan kartu merah kepada Firza Andika di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Sementara Egy, mengalami cedera dan harus diganti kala menghadapi Thailand. Adapun Baggott, tidak dapat bergabung ke Vietnam.

Terbaru, Syahrian Abimanyu dibekap cedera hamstring tatkala Timnas Indonesia U-23 menggelar latihan di Lapangan Latihan Stadion Nasional My Dinh sore ini.

Praktis untuk menantang Malaysia, Timnas Indonesia U-23 hanya berkekuatan 14 nama. Garuda Muda juga cuma tiga pemain di bangku cadangan.

"Memang, situasi saat ini yang terburuk. Namun, saya beserta para pemain akan mempersiapkan diri dengan baik untuk melawan Malaysia," papar Shin Tae-yong.

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/Aryo Atmaja, 21 Mei 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR