Timnas Indonesia vs Kamboja, Kurniawan DY Teringat Momen Kemenangan Telak 8-0 di Piala AFF 2004

Asad Arifin | 9 Desember 2021, 07:09
Kurniawan Dwi Yulianto. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Kurniawan Dwi Yulianto. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya di Piala AFF 2020. Kamboja menjadi lawan pertama Skuad Garuda di grup B, Kamis (09/12/2021) pukul 19.30 WIB.


Menyambut laga ini, mantan penyerang Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto menyampaikan pesan kepada penerusnya. Dia berharap Skuad Garuda bisa tampil all-out di Bishan Stadium.

"Ini adalah pertandingan sangat penting, kita harus memenangkan pertandingan," kata Kurniawan Dwi Yulianto kepada Bola.net.

"Tapi yang diharapkan para pemain bisa tampil all-out tanpa ada beban, tidak overconfident, selalu fokus dengan apa yang jadi game plan dari coach Shin," pintanya.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Tidak Boleh Under Estimate

Kurniawan Dwi Yulianto (c) Fitri Apriyani

Laga Timnas Indonesia vs Kamboja juga membangkitkan kembali ingatan Kurniawan akan momen di Piala AFF 2004. Skuad Garuda berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor telak 8-0.

Pada laga itu, Kurniawan ikut menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia. Ilham Jaya Kesuma menyumbang 3 gol, Elie Aiboy 2 gol dan satu gol lainnya dicetak Ortizan Solossa.

Bagi mantan pelatih Sabah FC tersebut, kemenangan besar cukup penting bagi Timnas Indonesia. Karena peluang lolos terkadang ditentukan selisih gol.

"Jadi selagi bisa menang banyak ya harus menang banyak karena bisa terjadi juga nanti lolosnya tim ditentukan oleh goal difference," jelas Kurniawan.

"Tapi kan sepak bola sekarang kan makin berkembang artinya Kamboja juga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Jadi tidak boleh under estimate," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Persaingan Ketat

Lebih lanjut, untuk menjaga peluang Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020, menurut Kurniawan juga diperlukan fokus di setiap laga. Karena lawan yang dihadapi tidak mudah.

"Peluang Timnas tentunya sama besarnya dengan tim lain karena tim lain pun mempersiapkan tim dengan serius dengan baik," Kurniawan menambahkan.

"Yang paling penting bagaimana selalu fokus di setiap pertandingannya, kita tidak usah lah terlampau jauh dulu memikirkan untuk ke final tapi harus pelan-pelan satu laga demi laga harus bisa diatasi harus bisa fokus di setiap pertandingannya," lanjutnya.

"Kita tahulah tim-tim seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia dan ada juga Filipina, ini menjadi pesaing yang yang berat juga buat kita," tegas Kurniawan.

3 dari 3 halaman

Doa untuk Kesuksesan Timnas

Tentunya, dia dan para pecinta sepak bola di tanah air akan mendukung perjuangan timnas Indonesia di Piala AFF. Terutama untuk bisa membawa pulang trofi..

"Peluang untuk juara tetap ada, sebagai masyarakat pecinta bola tentunya mendoakan yang terbaik untuk Timnas Indonesia," Kurniawan menegaskan.

"Harapan saya apa yang menjadi game plan dari coach Shin Tae-yong dapat diterjemahkan dengan baik oleh para pemain di lapangan," pungkasnya.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR