Timnas Indonesia U-23 Batal Tampil di Piala AFF U-23, Begini Respon Tim Pelatih

Asad Arifin | 11 Februari 2022, 09:49
Timnas Indonesia U-23 di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 di Republican Central Stadium, Dunshabe, Tajikistan, Jumat (29/10/2021) malam WIB. (c) Dok. PSSI
Timnas Indonesia U-23 di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 di Republican Central Stadium, Dunshabe, Tajikistan, Jumat (29/10/2021) malam WIB. (c) Dok. PSSI

Bola.net - PSSI memutuskan untuk tidak mengirim Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2022 yang berlangsung di Kamboja pada 14-26 Februari 2022. Putusan ini diambil berdasarkan permohonan dari pelatih kepala Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengirim surat resmi kepada PSSI dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Skuad Garuda Muda di Piala AFF U-23. Penyebabnya karena ada tujuh pemain dan satu official yang positif COVID-19, serta tiga personil yang cedera.

Merespons surat tersebut, Ketua Umum (Ketum) Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum (Waketum) Iwan Budianto, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Yunus Nusi, Direktur Teknik (Dirtek) Indra Sjafri, dan Shin Tae-yong langsung menggelar rapat. Hasilnya, PSSI mengabulkan permohonan pelatih berusia 51 tahun itu.

Keputusan Shin Tae-yong Cs agar Timnas Indonesia U-23 tidak ambil bagian di Piala AFF U-23 2022 ditegaskan asistennya, Nova Arianto bukanlah perkara mudah. Namun karena banyaknya pemain yang positif COVID-19 dan cedera, maka putusan itu harus diambil.

"Yang pasti keputusan yang sulit dari staff pelatih untuk mengambil keputusan ini," ujar Nova, kepada Bola.net, Jumat (11/2).

"Dengan banyaknya pemain dan staff yang positif, termasuk ada pemain yang cedera, maka kami kekurangan opsi untuk pemain di posisi penjaga gawang, sayap, dan striker sehingga ini adalah keputusan terbaik."

"Dan coach Shin Tae-yong sangat berterima kasih ke PSSI sudah bisa memahami dan mengerti dengan keputusan yang diambil staff pelatih," tambah Nova.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Minta Doa

Lebih lanjut, Nova meminta doa dari masyarakat di Tanah Air untuk tujuh pemain dan satu official yang positif COVID-19. Begitu pula untuk tiga pemain yang sedang cedera.

"Minta doa dari semuanya agar yang terpapar maupun cedera bisa kembali normal," imbuh Nova.

Sebelum pembatalan ini, rombongan Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan bertolak ke Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat (11/2) siang WIB. Mereka bakal terbang ke sana menggunakan pesawat carter.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR