BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Makedonia Utara 4-1: Ulasan dan Rating Setiap Pemain

12-10-2020 09:16 | Asad Arifin

Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 meraih hasil bagus saat berjumpa Makedonia Utara di laga uji coba Minggu (11/10/2020) malam WIB. Tim racikan Shin Tae-yong tersebut sukses meraih kemenangan dengan skor 4-1.

Shin Tae-yong tetap tampil dengan formasi 4-4-2 andalannya pada laga ini. Hanya saja, dia membuat beberapa perubahan susunan pemain. Elkan Baggott dan Jack Brown bermain apik saat diberi kepercayaan tampil.

Jack Brown menjadi bintang lapangan kontra Makedonia karena mencetak dua gol. Penampilan ciamik juga ditunjukkan oleh Witan Sulaeman dan Irfan Jauhari yang ikut mencetak gol.

Redaksi kembali menyajikan ulasan menarik sekaligus rapor penampilan para pemain Timnas Indonesia U-19 setelah laga kontra Makedonia Utara. Secara umum, performa Timnas Indonesia U-19 semakin matang dari setiap pertandingan.

Simak ulasan performa dan rating para pemain Timnas Indonesia U-19 di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 14 halaman

Kiper: Adi Satryo

Sangat terbantu dengan keberadaan duet bek Rizky Ridho dan Elkan Baggott di depannya. Setidaknya membuat Adi Satryo lebih tenang mengawal gawang.

Secara umum tidak ada peluang yang membahayakan gawangnya, membuat Adi Satryo tak perlu bekerja keras dalam menghalau peluang para pemain Makedonia Utara. Meski sayangnya dapat bobol satu gol lewat eksekusi penalti.

Nilai: 6

2 dari 14 halaman

Bagas Kaffa

Bagas Kaffa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Bagas Kaffa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Sempat diragukan bisa tampil karena cedera yang didapat pada laga sebelumnya. Ternyata Bagas Kaffa tampil masih masih dengan kondisi terbaiknya.

Baik membantu pertahanan maupun bermanuver ke depan seperti bukan menjadi persoalan baginya. Satu momentum terbaiknya adalah dengan cepat membuang bola berbahaya dari pemain Makedonia yang sudah di kotak penalti.

Nilai: 7

3 dari 14 halaman

Rizky Ridho

Biasanya berkolaborasi dengan duetnya sebagai tembok pertahanan bersama Komang Teguh, kali ini semakin kuat karena duetnya adalah Elkan Baggott.

Bermain sangat lugas, disiplin, dan rapat dalam menjaga pergerakan pemain lawan.

Nilai: 6,5

4 dari 14 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott (c) Dok PSSI Elkan Baggott (c) Dok PSSI

Merupakan debutnya bersama Timnas Indonesia U-19 selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Berbekal postur tubuh yang menjulang, bahkan mengalahkan tinggi para striker Makedonia Utara.

Ketenangannya terlihat cukup baik, berkat pengalaman yang ia dapat selama bermain di tanah Inggris. Ditambah ia berduet dengan Rizky Ridho yang terbukti kualitasnya menjaga area pertahanan.

Nilai: 7

5 dari 14 halaman

Pratama Arhan

Semakin menjadi pemain kepercayaan Shin Tae-yong, khususnya di sektor bek sayap kiri. Stamina yang begitu prima ditunjang kecepatan tinggi, membuat lawan ngos-ngosan menjaganya.

Dalam laga ini, pertahanan sisi kanan Makedonia Utara diacak-acak oleh pemain PSIS Semarang tersebut. Selain umpan yang berbahaya, Arhan juga sering melakukan lemparan bola ke dalam yang jauh.

Nilai: 7

6 dari 14 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Witan Sulaeman (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Seperti biasa sebagai motor serangan Timnas Indonesia U-19. Aliran serangan paling sering dilakukan melalui Witan Sulaeman yang ditunjang kedua kakinya yang sama hidup.

Ia menunjukkan kelasnya sebagai bintang permainan, setelah mencetak gol ke gawang Makedonia Utara di paruh pertama menyambut umpan manis Brait Fatari. Gol kedua Timnas Indonesia U-19 yang dicetak Jack Brown juga berawal dari umpannya.

Nilai: 8

7 dari 14 halaman

David Maulana

Penggawa Garuda Select, David Maulana (c) Garuda Select for Bola.net Penggawa Garuda Select, David Maulana (c) Garuda Select for Bola.net

Kembali sebagai kapten tim dan punya tugas seperti pada kesempatan sebelumnya. Yaitu pengatur tempo sekaligus menjaga keseimbangan lini tengah.

Sebagai seorang gelandang box to box, David Maulana lebih kerap membawa bola dengan lebih lama, kemudian memberikan umpan kunci baik ke belakang maupun ke depan.

Nilai: 6,5

8 dari 14 halaman

Mohammad Kanu

Debutan lain di Timnas Indonesia U-19 yang berposisi sebagai gelandang jangkar. Kanu diproyeksikan oleh Shin Tae-yong untuk mengisi peran Byrlian Aldama yang sering berduet dengan David Maulana.

Kelebihan darinya adanya keberanian dalam berebut bola dan tak segan melepas tembakan dari jarak jauh.

Nilai: 6,5

9 dari 14 halaman

Irfan Jauhari

Mengemban tugas yang berbeda dari laga-laga sebelumnya, yakni sebagai penyerang sayap bahkan lebih ke gelandang sayap. Kelincahan yang ia miliki sering membuat pemain belakang Makedonia Utara kewalahan.

Tugasnya semakin mudah karena mendapat sokongan dari Pratama Arhan yang sangat ofensif sebagai bek kanan. Irfan Jauhari ikut mencetak gol kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Makedonia Utara di babak kedua. Menyambut bola muntah tendangan Beckham Putra.

Nilai: 7

10 dari 14 halaman

Saddam Gaffar

Postur tubuh yang cukup tinggi, Saddam diharapkan bisa membuat konsentrasi pemain belakang Makedonia Utara terganggu. Meski kurang agresif, Saddam Emiruddin menjadi opsi bagi lini serang Timnas Indonesia U-19.

Nilai: 6

11 dari 14 halaman

Braif Fatari

Braif Fatari dan Brian Fatari resmi memperkuat Persija Jakarta (c) Persija Media Braif Fatari dan Brian Fatari resmi memperkuat Persija Jakarta (c) Persija Media

Awalnya berduet dengan Saddam Emiruddin untuk membongkar pertahanan Makedonia Utara. Tapi Brait Fatari lebih sedikit turun ke bawah, atau di belakang Saddam sebagai penyerang lubang.

Proses terjadinya gol pertama yang dicetak Witan Sulaeman berasal dari umpan Brait Fatari ciamik. Sayang pemain yang sering mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-19 ini harus ditarik keluar pada di babak pertama karena cedera.

Nilai: 6

12 dari 14 halaman

Pemain Pengganti - Jack Brown

Pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown, saat mengikuti internal games di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (15/1/2020). (c) Bola.com/Yoppy Renato Pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown, saat mengikuti internal games di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (15/1/2020). (c) Bola.com/Yoppy Renato

Masuk di babak pertama menggantikan Braif Fatari yang mengalami cedera. Menjadi penyerang lubang di belakang Saddam Emiruddin Gaffar, dan sesekali ikut turun membantu pertahanan.

Mampu mengkonversi umpan sepak pojok Witan Sulaeman pada babak kedua menjadi gol. Penempatannya yang baik membuat ia leluasa menyelesaikan kemelut di depan gawang Makedonia Utara.

Jack Brown pantas menjadi man of the match dalam laga ini setelah berhasil mencetak gol keduanya. Dengan cerdik mengelabui kiper Makedonia Utara usai memanfaatkan Bagas Kaffa.

Nilai: 8,5

13 dari 14 halaman

Pemain Pengganti - Brylian Aldama

Semakin membuat keseimbangan di lini tengah setelah masuk menggantikan Mochamad Kanu. Kreativitas lini tengah Timnas Indonesia U-19 bertambah dengan masuknya Byrlian.

Nilai: 6

14 dari 14 halaman

Pemain Pengganti - Beckham Putra

Sama halnya seperti Byrlian Aldama, masuknya Beckham Putra untuk membuat permainan Makedonia semakin kacau di babak kedua.

Dengan kelincahan sebagai keunggulannya, meski belum berkontribusi maksimal di pertandingan ini. Beckham Putra melepas tendangan keras pada menit ke-83. Bola gagal ditangkap kiper kemudian dicocor Irfan Jauhari menjadi gol keempat Timnas Indonesia U-19.

Nilai: 6

Disadur dari Bola.com (Penulis: Vincentius Atmaja/Editor: Hendry Wibowo, 12 Oktober 2020)

KOMENTAR