Timnas Indonesia Hanya Panggil Tiga Penyerang Murni, Siapa yang Paling Subur di Klubnya?

Abdi Rafi Akmal | 20 September 2022, 10:03
Timnas Indonesia Hanya Panggil Tiga Penyerang Murni, Siapa yang Paling Subur di Klubnya?
Timnas Indonesia berlatih di Bandung untuk melawan Curacao (c) PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia telah memanggil 23 pemain yang akan bergabung di pemusatan latihan jelang laga internasional di FIFA Matchday. Lawan yang akan dihadapi adalah timnas Curacao. Kedua tim akan bertanding dua kali pada 24 September 2022 dan 27 September 2022.

Nyaris tidak ada kejutan dari para pemain yang dipanggil ke skuad Garuda. Hampir seluruh pemain sudah mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong pada beberapa agenda internasional timnas Indonesia.

satu-satunya kejutan yang dibuat oleh pelatih asal Korea Selatan itu adalah memanggil penyerang PSM Makassar, Muhammad Ramadhan Sananta. Usianya masih 19 tahun.

Kendati begitu, Sananta termasuk moncer di timnya saat ini. Ia nanti akan bersaing dengan dua pemain lain yang berposisi sebagai penyerang murni.

Dari penyerang timnas Indonesia yang dipanggil, kira-kira berapa saja gol yang sudah mereka torehkan bersama klubnya masing-masing di musim ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah, Bolaneters~

1 dari 4 halaman

Muhammad Dimas Drajad

Pemain Persikabo 1973, Dimas Drajad (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Pemain Persikabo 1973, Dimas Drajad (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Dimas sudah sejak musim lalu menjadi tulang punggung Persikabo 1973. Buktinya musim ini saja, ia sudah diturunkan sebanyak sembilan kali dari total sepuluh laga yang dijalani tim.

Pemain berusia 25 tahun ini nyaris selalu bermain penuh. Dalam beberapa laga, Dimas didaulat sebagai kapten tim.

Ia sudah mencetak empat gol dan satu assist dari sembilan pertandingan tersebut. Tim yang pernah dibobol oleh Dimas adalah Madura United, Persita Tangerang, dan Dewa United dua kali

2 dari 4 halaman

Muhammad Ramadhan Sananta

Duel Persik Kediri vs PSM Makassar di laga pekan ke delapan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jumat (02/09/2022) malam WIB. (c) BRI Liga 1 Official Twitter

Duel Persik Kediri vs PSM Makassar di laga pekan ke delapan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jumat (02/09/2022) malam WIB. (c) BRI Liga 1 Official Twitter

Sananta, walaupun usianya masih belum 20 tahun, tercatat belum pernah mengecap pertandingan di timnas kelompok umur. Pemanggilan ini pun murni karena kualitas dan perkembangannya di PSM.

Ia sudah mendapatkan enam kali kesempatan tampil dari total sembilan pertandingan yang sudah dijalani tim. Lima di antaranya bahkan turun sejak menit awal, di tengah persaingan dengan penyerang asing PSM.

Namun, Sananta menunjukkan bahwa ia bisa diandalkan. Tiga gol sudah dicatatkannya musim ini. Rinciannya, dua gol ke gawang Persib Bandung dan satu gol ke gawang Persebaya Surabaya.

3 dari 4 halaman

Muhammad Rafli

Muhammad Rafli (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Muhammad Rafli (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Tidak seperti dua pemain lainnya, Rafli tidak mendapat jaminan tempat utama di Arema FC. Ia memang sudah bermain sebanyak enam kali dari total sepuluh pertandingan tim, tetapi hanya sekali yang turun sejak menit awal.

Pemain berusia 23 tahun ini sulit bersaing pemain lain yang sudah punya label timnas sebelumnya. Belum lagi ada pemain asing yang menempati posisi penyerang tengah.

Menit bermain yang minim itu membuatnya belum mencetak gol di musim. Rafli jadi satu-satunya penyerang timnas yang belum mencetak gol.

4 dari 4 halaman

23 Pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchay September 2022

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 (c) PSSI

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 (c) PSSI

Kiper: Muhammad Riyandi (Persis Solo), Nadeo Argawinata (Bali United), Syahrul Trisna Fadillah (Persikabo)

Bek: Muhammad Ferrari (Persija), Asnawi Mangkualam (Ansan), Elkan Baggott (Gillingham), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Fachrudin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya), Koko Ari (Persebaya)

Gelandang: Rachmat Irianto (Persib), Marselino Ferdinan (Persebaya), Ricky Kambuaya (Persib), Marc Klok (Persib), Syahrian Abimanyu (Persija)

Pemain Sayap: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara), Egy Maulana Vikri (ViOn Zlate), Yakob Sayuri (PSM), Witan Sulaeman (AS Trencin), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Muhammad Ramadhan Sanantha (PSM), Muhammad Dimas Drajad (Persikabo), Muhammad Rafli (Arema FC)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR