Tiga Kekurangan Timnas Indonesia di Mata Shin-tae Yong, Apa Itu?

Yaumil Azis | 11 Januari 2022, 14:51
Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong (c) AP Photo

Bola.net - Ada beberapa hal yang menurut Shin Tae-yong kurang dari Timnas Indonesia saat ini. Dari penjelasannya, kekurangan-kekurangan itu bisa diperbaiki selama para pemain punya kesadaran diri.


Nama Shin Tae-yong sedang dielu-elukan oleh masyarakat Indonesia saat ini setelah berhasil membawa Skuat Garuda melaju hingga ke babak final Piala AFF 2020. Sayang, Timnas Indonesia cuma bisa keluar sebagai runner-up.

Mereka gagal mengalahkan Thailand dalam partai final yang digelar dalam dua leg. Pada pertemuan pertama, mereka kalah dengan skor telak 0-4. Sementara di partai berikutnya cuma bisa bermain imbang 2-2.

Kendati demikian, mayoritas masyarakat Indonesia senang dengan pencapaian ini. Sebab Asnawi Mangkualam dkk hanya menelan satu kekalahan saja, itu pun di babak final.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Tiga Kekurangan Timnas Indonesia

Sebagai seorang pelatih, Shin Tae-yong jelas tahu apa yang terjadi di dalam internal skuat Timnas Indonesia. Ia melihat ada tiga kekurangan fatal dari para pemain.

"Pertama mental profesionalnya kurang. Yang kedua masalah makan. Dan yang ketiga weight training. Mereka sampai tidak tahu mengapa harus melakukan weight training," tutur sang pelatih dalam siniar Close the Door milik Deddy Corbuzier.

"Sangat penting untuk menguatkan [tubuh]. Main bola pasti main body, keras. Bisa gampang cedera juga. Jadi, kalau kalah dalam main body, kita tak bisa mengeluarkan kemampuan kita masing-masing," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Pemain Harus Sadar Diri

Kebiasaan pemain Indonesia mengonsumsi makanan yang digoreng juga dipermasalahkan Tae-yong. Baginya, makanan semacam itu menyebabkan pemain kekurangan energi ketika bertanding.

Shin Tae-yong juga sedang berusaha mengubah kebiasaan itu di kalangan Timnas Indonesia. "Kalau sedang berada di kamp latihan, saya bisa mengubahnya. Tapi kalau di luar tidak bisa dikontrol," jelasnya.

Deddy Corbuzier meyakini kehadiran ahli nutrisi penting buat para pemain. Tapi Shin Tae-yong kurang sepakat. "Sebenarnya pemain-pemain sendiri yang harusnya sadar diri sebagai seorang profesional," katanya.

Shin Tae-yong pun percaya bahwa Timnas Indonesia bisa jadi lebih baik dari yang sekarang. "Pasti bisa jadi lebih baik, dan pasti bisa menang," pungkasnya.

(Siniar Close the Door)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR