Tidak Cocok dan Lelah, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Tidak Bawa Ilija Spasojevic ke Piala AFF

Asad Arifin | 4 Desember 2021, 13:10
BRI Liga 1: Selebrasi gol Ilija Spasojevic (tengah) untuk Bali United (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
BRI Liga 1: Selebrasi gol Ilija Spasojevic (tengah) untuk Bali United (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akhirnya buka suara soal tidak dipanggilnya Ilija Spasojevic ke skuad Piala AFF 2020. Shin Tae-yong mengaku bahwa bomber Bali United itu tidak cocok dengan gaya bermainnya.


Timnas Indonesia membawa empat pemain dengan posisi penyerang ke Piala AFF 2020. Empat pemain tersebut adalah Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, Hanis Saghara, dan Ezra Walian.

Mereka punya kualitas yang mumpuni untuk menjadi andalan di lini depan. Masalahnya, performa mereka belum cukup menjanjikan di BRI Liga 1 2021/2022. Jumlah gol mereka tergolong masih minim.

Bahkan, jika jumlah gol keempat pemain itu digabung, masih bisa menyaingi gol yang dicetak Ilija Spasojevic. Bomber asal klub Bali United itu telah mencetak 12 gol dan memimpin daftar top BRI Liga 1.

1 dari 3 halaman

Terlihat Lelah

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Performa apik Spasojevic tidak bisa dibantah. Dia juga punya pengalaman membela Timnas Indonesia. Tapi, Shin Tae-yong punya alasan mengapa tidak membawa pemain berusia 34 tahun itu ke Piala AFF 2020.

"Spasojevic adalah pemain yang bagus dan saya tahu itu. Saya tahu dia mencetak banyak gol di Liga 1," kata Shin Tae-yong.

"Tapi, ketika dia datang ke pemusatan latihan, dia terlihat lelah kekita memainkan permainan saya. Jadi, keputusannya dia tidak masuk dalam skuad Timnas Indonesia," sambung pelatih asal Korea Selatan itu.

Spasojevic memang sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti sesi pemusatan latihan pada Mei lalu. Saat itu, Timnas Indonesia bersiap tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tapi, Spasojevic dicoret dari daftar skuad yang diboyong ke Dubai.

2 dari 3 halaman

Gaya Bermain Tidak Cocok

Selain soal kemampuan fisik, Shin Tae-yong punya alasan lain mengapa tidak membawa Spasojevic ke Piala AFF. Pelatih yang pernah memimpin Korea Selatan di Piala Dunia itu mengaku gaya bermain Spasojevic tidak cocok dengannya.

"Spasojevic penyerang yang bagus. Dia punya finishing yang bagus. Tapi, dia tidak cocok dengan gaya bermain yang ingin saya terapkan di Timnas Indonesia," tegasnya.

Jika melihat empat penyerang yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, gaya bermain mereka memang berbeda dengan Spasojevic. Shin Tae-yong membawa pemain yang bisa bergerak melebar. Sementara, Spasojevic adalah target man.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF

Kiper: M. Riyandi, Nadeo Argawinata, Ernando Ari, Syahrul Fadillah

Belakang: Fachrudin Aryanto, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Edo Febriansyah, Rizky Ridho, Rizky Dwi, Asnawi Mangkualam, Marckho Sandi

Gelandang: Evan Dimas, Kadek Agung, Rachmat Irianto, Ahmad Agung, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Irfan Samaling, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Yabes Roni

Penyerang: Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, Hanis Saghara, Ezra Walian

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR