Termasuk Arema FC, Ini 3 Klub Penyumbang Pemain Paling Banyak ke TC Timnas Indonesia

Aga Deta | 23 Juli 2020, 10:54
Shin Tae-yong (c) Fitri Apriani
Shin Tae-yong (c) Fitri Apriani

Bola.net - Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada 23 Juli-8 Agustus mendatang. Untuk itu, Shin Tae-yong sudah memanggil 29 pemain yang berasal dari 11 klub Liga 1 dan 1 klub Eropa.

Klub yang menyumbang pemainnya ke pemusatan latihan Timnas Indonesia adalah Arema FC, Bali United, Barito Putera, Bhayangkara FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSM Makassar, PSS Sleman, dan Tira Persikabo. Adapun Lechia Gdansk menjadi satu-satunya klub di luar kontestan Liga 1.

Sementara itu, klub yang tidak menyumbang pemain ke pemusatan latihan Timnas Indonesia adalah Borneo FC, Persiraja Banda Aceh, Persipura Jayapura, Persik Kediri, Persita Tangerang, PSIS Semarang, dan Persela Lamongan. Pelatih Shin Tae-yong punya penilaian khusus di balik pemilihan pemain.

Pelatih asal Korea Selatan diyakini menilai kualitas individu pemain lebih dulu sebelum melihat performanya secara kolektif. Hal itulah yang membuat ada pemain yang minim kesempatan bermain atau klub tak maksimal di Liga 1, namun tetap dipercaya ikut pemusatan latihan.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia rencananya digelar di Jakarta mulai 23 Juli sampai 8 Oktober. Pemusatan latihan ini menjadi yang kedua di bawah asuhan Shin Tae-yong setelah Februari lalu.

Ada tiga klub yang menjadi penyumbang pemain paling banyak dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia. Siapa saja klub Liga 1 2020 tersebut?

1 dari 4 halaman

Persebaya Surabaya (4 Pemain)

Persebaya Surabaya menjadi klub ketiga dengan sumbangan pemain paling banyak ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Pasukan Aji Santoso mengirimkan Rivky Mokodompit, Koko Ari Araya, Rachmat Irianto, dan Arif Satria.

Keputusan tersebut cukup mengagetkan karena Persebaya musim ini belum pernah menang. Namun, pelatih Shin Tae-yong diyakini punya alasan lain.

Rivky Mokodompit sejatinya merupakan kiper tangguh dengan keunggulan punya postur tubuh tinggi. Namun, dalam dua laga yang dimainkannya musim ini kiper 31 tahun itu sudah kebobolan lima kali.

Sementara itu, Koko Ari Araya merupakan bek kanan yang bisa diandalkan ketika membangun serangan dari sektor sayap. Adapun Rachmat Irianto merupakan pemain serba bisa punya kemampuan bermain di posisi bek maupun gelandang bertahan.

Adapun Arif Satria adalah bek tengah yang punya kemampuan mumpuni dalam berduel dengan lawan. Penampilan apiknya musim ini mampu menghindari Persebaya dari kekalahan atas Persik Kediri.

2 dari 4 halaman

PSM Makassar (4 Pemain)

Serupa dengan Persebaya Surabaya, PSM Makassar juga menyumbang empat pemain. Mereka yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia adalah Miswar Saputra, Asnawi Bahar, Yakob Sayuri, dan Muhammad Arfan.

Miswar Saputra yang berposisi sebagai kiper adalah debutan. Musim ini, Miswar baru bermain sekali bersama PSM Makassar dan kebobolan sekali.

Adapun kualitas Asnawi Bahar tak perlu diragukan lagi. Asnawi adalah bek kanan yang kerap membantu membangun serangan dari lini belakang.

Sementara itu, Muhammad Arfan adalah gelandang yang memiliki visi bermain. Arfan kerap membantu serangan melalui lini sayap. Begitu dengan Yakob Sayuri yang musim ini mampu menunjukkan penampilan gemilang baik di Liga 1 maupun Piala AFC di sektor sayap.

3 dari 4 halaman

Arema FC (5 Pemain)

Arema FC menjadi klub dengan penyumbang pemain paling banyak di pemusatan latihan Timnas Indonesia. Klub berjulukan Singo Edan menyumbang lima pemain yakni Bagas Adi Nugroho, Johan Ahmad Farizi , Hendro Siswanto, Muhammad Rafli, dan Kushedya Hari Yudo.

Kelima pemain tersebut menghuni skuat inti di Arema. Mereka berhasil menunjukkan performa terbaik bersama Arema dalam tiga pertandingan terakhir.

Johan Ahmad Farizi merupakan bek kiri yang lincah dan sering membantu serangan. Sementara itu, Hendro Siswanto adalah gelandang sayap yang memiliki kecepatan.

Bagas Adi Nugroho merupakan pemain belakang yang berani berduel demi mengamankan daerah pertahanan. Adapun Muhammad Rafli dan Kushedya Hari Yudo merupakan kedua penyerang haus gol.

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap

Kiper: Rivky Mokodompit, Miswar Saputra, Muhammad Riyandi, Nadeo Argawinata

Belakang: Bagas Adi Nugrojo, Rachmat Irianto, Arif Satria, Ryuji Utomo, Andy Setyo, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Koko Ari, Johan Alfarizi

Tengah: Hendro Siswanto, Adam Alis, Egy Maulana Vikri, Asep Berlian, Zulfiandi, Febri Hariyadi, Yakob Sakuri, Arfan, Kadek Agung Widnyana, Evan Dimas

Depan: Muhammad Rafli, Kushedya Yudo, Ilija Spasojevic, Dendy Sulistyawan, Osvaldo Haay, Irfan Bachdim

Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Hendry Wibowo

Published: 23 Juli 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR