Shin Tae-yong Tak Masalah Latih Timnas Indonesia dan U-20 Sekaligus: Capek sih, tapi Bagus

Gia Yuda Pradana | 17 Juni 2022, 11:36
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Shin Tae-yong tetap melatih Timnas Indonesia level senior. Sebelumnya, PSSI berencana meminta pelatih asal Korea Selatan itu hanya menangani Timnas Indonesia U-20.

PSSI menganggap Shin Tae-yong kewalahan memoles tiga level usia Timnas Indonesia sekaligus. Selain senior dan U-20, pelatih berusia 51 tahun itu juga menukangi Timnas Indonesia U-23.

PSSI memutuskan untuk tetap mempertahankan Shin Tae-yong di senior dan U-20, tapi belum menentukan nasibnya di U-23.

Shin Tae-yong mengaku tidak mempermasalahkan mengomandoi Timnas Indonesia tiga kelompok umur. Ia terkadang memang merasa kelelahan, tapi semua terbayar dengan kepuasan.

"Sampai saat ini, tidak ada masalah. Dengan begitu, saya bisa menemukan sepak bola yang cocok untuk Indonesia," ujar Shin Tae-yong.

"Saya memang merasa capek, tapi bagus dari usia muda dan ke senior. Sistem seperti ini harus dikembangkan lebih. Meski capek, tapi tetap harus dibenahi," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Alasan Tetap Latih Tim Senior

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya tidak jadi mencopot Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia untuk fokus ke Timnas Indonesia U-20.

Shin Tae-yong dinilai berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur runner-up terbaik Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Kami sudah diskusikan kembali. Karena hasil Timnas Indonesia yang sudah luar biasa di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, jadi tim senior masih dipegang oleh Shin Tae-yong," tutur pria yang akran disapa Iwan Bule ini.

"Kalau untuk Timnas Indonesia U-23 lihat nanti. Yang jelas, Timnas Indonesia senior dan U-20 sudah pasti dilatih Shin Tae-yong."

"Nanti kami berdiskusi dengan Shin Tae-yong. Kalau dia mau melatih Timnas Indonesia U-23, silakan. Yang jelas Timnas Indonesia dan U-20 dipegang oleh Shin Tae-yong," imbuh Iwan Bule.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR