Shin Tae-yong: Saya Ingin Naturalisasi Jordi Amat Tetap Lanjut karena Penampilannya Sudah Terbukti

Gia Yuda Pradana | 6 Juli 2022, 12:33
Jordi Amat bergabung dengan Johor Darul Tazim (JDT) (c) Instagram JDT
Jordi Amat bergabung dengan Johor Darul Tazim (JDT) (c) Instagram JDT

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akhirnya angkat bicara tentang proses naturalisasi Jordi Amat. Sebelumnya, proses ini memang memicu perdebatan seiring keputusan sang pemain untuk meninggalkan Eropa dan bergabung dengan Johor Darul Ta'zim (JDT) di Malaysia.

Setelah 12 tahun melanglang buana di Eropa dengan berkancah di Spanyol, Inggris, hingga Belgia, Jordi Amat akhirnya berlabuh di Malaysia. Tak sedikit pendukung Timnas Indonesia yang merasa kalau ini adalah sebuah penurunan karier baginya.

Alhasil, lewat media sosial, mereka beramai-ramai menyerukan supaya proses naturalisasi Jordi Amat dihentikan saja. Namun, Shin Tae-yong ternyata sudah meminta kepada PSSI untuk melanjutkannya.

Shin Tae-yong membutuhkan Jordi Amat demi lini belakang Timnas Indonesia yang tangguh, terutama saat tampil di putaran final Piala Asia 2023 mendatang.

Jordi Amat sendiri belakangan juga memberikan tanggapan. Menurutnya, dia menerima pinangan JDT supaya dapat beradaptasi dengan sepak bola Asia.

1 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Percaya dengan Kemampuan Jordi Amat

Indra Sjafri dan Shin Tae-yong (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Indra Sjafri dan Shin Tae-yong (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Shin Tae-yong menginginkan naturalisasi Jordi Amat untuk tetap diproses. Dia yakin kemampuan pemain asal Spanyol itu tidak akan menurun hanya karena bermain di JDT.

"Saya ingin naturalisasi Jordi Amat tetap lanjut karena penampilannya sudah terbukti," kata Shin Tae-yong, yang saat ini sedang memimpin Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

"Dia sudah mengorbankan diri untuk Timnas Indonesia. Gara-gara dia bermain di Malaysia, ada penilaian seperti itu. Itu tidak baik."

2 dari 3 halaman

Kemampuannya Takkan Menurun

Tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama (c) Bola.com/Adreanus Titus

Tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama (c) Bola.com/Adreanus Titus

Selain Jordi Amat, PSSI juga sedang memproses naturalisasi dua pemain Eropa lainnya, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Sandy Walsh masih berkancah di benua biru bersama klub Belgia, KV Mechelen. Sementara itu, Shayne Pattynama memperkuat tim Norwegia, Viking FK.

Dari ketiganya, hanya Jordi Amat yang saat ini tidak main di Eropa.

"Saya percaya dia tidak akan menurun," tegas Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Surat Shin Tae-yong ke PSSI

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Sebelumnya, Shin Tae-yong mengirim surat ke Ketua PSSI, Mochamad Iriawan pada 30 Juni 2022. Intinya, dia meminta naturalisasi Jordi Amat untuk terus diproses.

"Intinya, proses naturalisasi Jordi Amat diminta untuk dilanjutkan. Arahan Ketua PSSI, kami akan melanjutkan," terang Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

"Sebab, naturalisasi tiga pemain termasuk Jordi Amat adalah keinginan Shin Tae-yong. PSSI bakal mendukung semua keinginan pelatih termasuk pemusatan latihan di mana pun," imbuhnya.

Disadur dari: Bola.com/Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, 6 Juli 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR