Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas U-19 Tak Paksakan Main 90 Menit Kalau Tak Kuat

Serafin Unus Pasi | 9 September 2020, 21:56
Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas U-19 Tak Paksakan Main 90 Menit Kalau Tak Kuat
Pemusatan latihan Timnas Indonesia (c) PSSI

Bola.net - Kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia U-19 terus disoroti oleh sang pelatih, Shin Tae-yong. Witan Sulaeman dan kawan-kawan dinilainya terlalu memaksakan diri untuk bermain 90 menit.

Hal itu dilihat Shin Tae-yong saat anak asuhnya bersua Bulgaria di International U-19 Friendly Tournament 2020. Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-19 kalah 0-3.

"Kita bisa lihat mereka berusaha bermain 90 menit semua saat lawan Bulgaria. Artinya mereka coba mengatur sendiri nafas mereka," ujar Shin Tae-yong dikutip dari kanal YouTube PSSI, Rabu (9/9).

Sedianya di turnamen segiempat tersebut, pelatih asal Korea Selatan ini ingin melihat seberapa lama fisik para pemainnya bisa bertahan. Meski hanya 10 menit, yang penting dapat maksimal.

"Jadi seharusnya pemain bisa bekerjasama dan memaksimalkan dirinya. Mereka harus mengerti sampai menit ke berapa mereka bisa bermain. Baru setelah itu kita bisa atur tempo permainan kita, dan pelatih bisa membuat taktik yang lebih baik berdasarkan kemampuan pemain," ucap Shin Tae-yong.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Pesan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong pun memberikan pesan kepada anak asuhnya. Ia meminta agar Beckham Putra Nugraha dan kawan-kawan tak memaksakan diri bermain 90 menit saat pertandingan kalau tidak kuat.

"Jadi pesan saya jangan pernah mengatur nafas sendiri untuk dapat bermain 90 menit," imbuh Shin Tae-yong.

Setelah kalah 0-3 dari Bulgaria, Timnas Indonesia U-19 dibantai 1-7 oleh Kroasia di International U-19 Friendly Tournament 2020. Pada pertandingan selanjutnya, skuad Garuda Muda akan bersua Arab Saudi, Jumat (11/9).

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR