Shin Tae-yong Menjadi Faktor 'Orang Dalam' Agar Pemain Indonesia Gabung Klub Korea Selatan

Asad Arifin | 9 Januari 2022, 07:02
Ekspresi Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan menjembatani para pemain dari Indonesia untuk berkarier di Korea Selatan. Shin Tae-yong akan berperan sebagai 'orang dalam' pada kasus ini.


Gelombang kedatangan pemain Indonesia ke Korea Selatan diprediksi akan berlanjut pada 2022 ini. Setelah Asnawi Mangkualam bergabung dengan Ansan Greeners pada 2021 lalu, kini adalah sejumlah nama yang dikaitkan dengan klub Korea Selatan.

Shin Tae-yong sendiri punya andil atas transfer Asnawi. Dia dilaporkan ikut memberi saran dan pendapat soal kemampuan eks pemain PSM Makassar itu kepada pihak Ansan Greeners sebelum akhirnya resmi direkrut.

1 dari 2 halaman

Minat Klub Korea Selatan pada Pemain Indonesia

Shin Tae-yong mengakui bahwa ada beberapa pemain Indonesia yang kini diminati oleh klub asal Korea Selatan. Pelatih berusia 51 tahun pun siap untuk menjadi pembuka pintu bagi kemungkinan terjadinya transfer.

"Memang ada klub di Korea Selatan yang tertarik dengan pemain Timnas Indonesia," imbuh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong tidak mengungkapkan klub dan pemain tersebut. Namun, pria berusia 51 tahun itu berjanji untuk membantu para pemain Timnas Indonesia agar dapat berkarier di Korea Selatan.

Sebelumnya, bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan terus dikaitkan dengan kepindahan ke Korea Selatan. Pemain berusia 20 tahun itu dikabarkan diincar Daejeon Hana Citizen.

"Saya bisa membantu dari belakang agar para pemain Timnas Indonesia dapat bermain di Korea Selatan," tutur Shin Tae-yong.

"Akan tetapi, langkah selanjutnya adalah tugas agen dan pemainnya. Mereka harus bisa mengerjakan administrasi dengan baik," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Dikonfirmasi Media Korea Selatan

Media Korea Selatan, Footballist melaporkan bahwa Arhan menjadi buruan sejumlah klub Korea Selatan berkat penampilan sensasionalnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

"Menurut seorang pejabat sepak bola, beberapa klub K League menunjukkan minat terhadap Arhan," tulis narasi Footballist dalam pemberitaannya pada 4 Januari 2022.

Jika rumor itu terwujud, Arhan bakal menyusul kompatriotnya di Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang telah lebih dulu berkiprah di Korea Selatan.

"Jika Arhan menuju K League, kita dapat melihat dua pemain Indonesia mentas bersama di K League musim 2022," tulis Footballist.

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, 8 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR