Shin Tae-yong: Juara Piala AFF 2020 Tak Hanya Bicara, Timnas Indonesia Perlu Kerja Keras

Gia Yuda Pradana | 28 Desember 2021, 15:24
Kiper Nadeo Argawinata, salah satu pahlawan kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura di semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo
Kiper Nadeo Argawinata, salah satu pahlawan kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura di semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berharap timnya bisa menjuarai Piala AFF 2020. Namun, juru taktik asal Korea Selatan ini menyadari tak akan mudah mewujudkan harapan itu.


Timnas Indonesia tinggal selangkah lagi untuk bisa menjadi kampiun Piala AFF 2020. Skuad Gajah hanya perlu mengalahkan Thailand pada partai final yang berlangsung dua leg.

Namun, Shin Tae-yong sadar tim asuhan Alexandre Polking itu bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Oleh sebab itu, timnya harus tampil habis-habisan.

"Jujur saya ingin tim ini menjadi juara. Tapi juara tak hanya bisa lewat bicara saja, kami baru bisa dapat hal itu kalau kerja keras," ujar Shin Tae-yong, saat sesi jumpa pers virtual, Selasa (28/12/2021).

"Saya sebagai pemain dan pelatih sudah merasakan juara lebih 20 kali. Ini yang akan kami manfaatkan dan diterapkan ke pemain agar kami bisa menjadi juara," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Regulasi Final

Shin Tae-yong memberikan instruksi pada Witan Sulaeman pada laga semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura (c) AP Photo

Pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 akan digelar Rabu (29/12/2021), di National Stadium, Kallang, Singapura. Sementara pertemuan keduanya tiga hari berselang di venue yang sama.

Meski berlangsung dua leg, tak ada penghitungan gol tandang dalam laga final nanti. Sebab, Piala AFF edisi kali ini digelar terpusat di Singapura karena pandemi COVID-19.

Aturan itu tercantum di poin 15.4.1 dan 15.4.2 dalam regulasi Piala AFF. Laga final akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu selama 2x15 menit jika sampai leg kedua berakhir skor agregat tetap imbang. Nah bila pemenang masih belum didapatkan setelah extra time, maka bakal ditentukan lewat adu penalti.

2 dari 2 halaman

Jadwal Final Piala AFF 2020

Prediksi Final Piala AFF, Timnas Indonesia vs Thailand 29 Desember 2021 (c) Bola

Leg Pertama

  • Indonesia vs Thailand
  • Rabu, 29 Desember 2021
  • National Stadium, Kallang
  • Kick-off 19.30 WIB.

Leg Kedua

  • Thailand vs Indonesia
  • Sabtu, 1 Januari 2022
  • National Stadium, Kallang
  • Kick-off 19.30 WIB.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR