Setelah Sekian Purnama, Shin Tae-yong Akhirnya Panggil Ilija Spasojevic ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Gia Yuda Pradana | 30 November 2022, 10:40
Setelah Sekian Purnama, Shin Tae-yong Akhirnya Panggil Ilija Spasojevic ke Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022
Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic (kanan) (c) Bola.com/Maheswara Putra

Bola.net - Bali United mengabarkan bahwa Ilija Spasojevic dipanggil ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Bali. Spaso dipersiapkan untuk Piala AFF 2022.

Panggilan ini menjadi yang pertama buat Spasojevic sejak Mei 2021. Ketika itu, striker naturalisasi ini hanya mengikuti TC di Jakarta, tapi tidak bermain.

"Spasojevic dipanggil Timnas Indonesia untuk TC di Bali dan Jakarta pada 30 November-21 Desember 2022," tulis Bali United di Instagramnya, @baliunitedfc, Rabu (30/11).

"Latihan bertujuan sebagai persiapan mengikuti Piala AFF 2022 yang berlangsung 20 Desember 2022-16 Januari 2023," lanjutnya.

1 dari 2 halaman

Gantikan Dimas Drajad

Penyebab kembalinya Spasojevic ke Timnas Indonesia diduga untuk menggantikan seorang striker. Penyerang asal Persikabo 1973, Dimas Drajad tidak kunjung bergabung dengan Skuad Garuda karena cedera.

Spasojevic sudah lama sekali tidak bermain untuk Timnas Indonesia. Penyerang berusia 35 tahun itu terakhir kali membela Skuad Garuda pada 2019 ketika menang 2-0 atas Myanmar dalam uji coba.

Spasojevic adalah top skor Liga 1 musim lalu. Mantan pemain Persib Bandung ini mampu mencetak 23 gol dari 34 penampilan.

2 dari 2 halaman

3 Gol dari 2 Penampilan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Transfermarkt dan Soccerway mencatat bahwa Spasojevic baru dua kali bertanding secara resmi dengan Timnas Indonesia setelah dinaturalisasi pada 2017.

Tapi, pemain kelahiran Montenegro ini berhasil membuat tiga gol dengan rincian dua gol ke gawang Guyana pada 2017 dan satu gol ke gawang Myanmar.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berulang kali enggan memanggil Spasojevic karena perkara usia dan tidak cocok dengan gaya melatihnya.

"Spasojevic memang mencetak banyak gol di BRI Liga 1. Namun ketika ikut pemusatan latihan, dia terlihat sangat capek dengan permainan yang saya inginkan," ujar Shin Tae-yong sebelum Piala AFF 2020.

"Soal penyelesaian akhir, Spasojevic memang sangat baik. Namun, saya memutuskan untuk tidak memanggil dia ke Timnas Indonesia di Piala AFF," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR