Setelah Sandy Walsh, FIFA Kini Setujui Perpindahan Federasi Jordi Amat

Serafin Unus Pasi | 30 November 2022, 18:05
Setelah Sandy Walsh, FIFA Kini Setujui Perpindahan Federasi Jordi Amat
Jordi Amat mencium bendera Merah Putih usai resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Kabar gembira datang dari FIFA. Induk sepak bola di dunia itu menerima perpindahan federasi pemain naturalisasi Jordi Amat.

Kepastian itu tertuang dalam surat FIFA bernomor Ref FPSD-8300 yang ditandatangani oleh FIFA Head of Player's Status, Erika Montemor Ferreira. Surat itu dikirim ke PSSI pada Rabu (30/11/2022).

Sehari sebelumya, FIFA juga meloloskan perpindahan federasi pemain naturalisasi Sandy Walsh. Putusan itu tertuang dalam surat bernomor Ref FPSD-8308 yang juga ditandatangani oleh Erika Montemor Ferreira.

Jordi Amat berubah federasi dari Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) ke Indonesia (PSSI). Sementara Sandy Walsh dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

1 dari 2 halaman

Komentar Jordi Amat

Putusan ini membuat Jordi Amat bahagia sekaligus plong. Sebab, ia sekarang bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

‘’Saya senang dan lega dengan pemberitahuan ini," ujar Jordi Amat, disadur dari laman PSSI, Rabu (30/11).

"Kini saya akan fokus membela negara saya (Indonesia),’’ katanya menambahkan.

2 dari 2 halaman

Komentar Ketum PSSI

Putusan ini juga membuat Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule bahagia. Ia pun memberikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang sudah membantu proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat.

‘’Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo atas perhatiannya kepada sepak bola Tanah Air. Terima kasih kepada Bapak Zainudin Amali (Menpora) yang tidak henti-hentinya memberikan bantuan dan dukungan," tutur Iwan Bule.

"Terima kasih juga kepada Bapak Pratikno (Mensesneg), Bapak Yasonna Laoly (Menkumham), Ditjen Imigrasi, dan semua pihak yang membantu kelancaran naturalisasi Sandy dan Jordi,’’ imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR