Selain Asnawi dan Elkan Baggott, Siapa Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Absen di Piala AFF U-23?

Afdholud Dzikry | 14 Januari 2022, 11:03
Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott (c) Dok. PSSI

Bola.net - Persiapan terus dilakukan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong jelang Piala AFF U-23 2022. Namun kendala bisa saja terjadi karena pemain yang berkarier di luar negeri ada kemungkinan takkan bisa dipanggil dan dimainkan.


Artinya, pemain yang menjadi andalan di Piala AFF 2020 bulan lalu seperti Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott ada kemungkinan absen membela Indonesia di Piala AFF U-23 2022 bulan depan.

Timnas Indonesia U-23 merupakan juara bertahan di Piala AFF U-23. Shin Tae-yong menyadari adanya tekanan dan beban besar yang bakal dihadapinya serta para pemain Garuda Muda pada turnamen tersebut.

Apalagi, Timnas Indonesia U-23 tak akan menggunakan pemain yang bermain di klub luar negeri. Namun, Shin Tae-yong menaruh keyakinan pada pemain klub lokal untuk mempersembahkan gelar untuk Timnas Indonesia U-23.

"Saya menargetkan juara. Meskipun pemain-pemain abroad seperti Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam tidak bisa dipanggil," kata Shin Tae-yong saat diundang menjadi narasumber di Podcats Close The Door milik Deddy Corbuzier.

Pelatih Shin Tae-yong memaklumi adanya keterbatasan dalam pemanggilan pemain untuk Timnas Indonesia U-23. Penyebabnya adalah Piala AFF U-23 2022 tak masuk agenda FIFA.

"Itu semua terkait regulasi dari FIFA. Jadi, kami tidak bisa memanggil pemain-pemain itu semaunya kalau bukan FIFA Matchay," tegas Shin Tae-yong.

Berikut ini pemain Timnas Indonesia yang bisa absen pada Piala AFF U-23 2022, termasuk Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam.

1 dari 3 halaman

Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam

Aksi Asnawi Mangkualam Bahar di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Singapura vs Timnas Indonesia di National Stadium, Kallang, Rabu (22/12/2021) malam WIB. (c) Dok. PSSI.

Setelah kurang lebih sebulan meninggalkan Ipswich Town untuk membela Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020, besar kemungkinan Elkan Baggott tak akan kembali ke skuad Shin Tae-yong.

Seperti sudah diutarakan coach Shin, ia tak masalah jika banyak klub luar negeri yang tidak memberikan izin kepada pemainnya ikut serta pada Piala AFF U-23 2022.

Lagipula, Elkan dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners) sama-sama sudah bermain di Piala AFF 2020, sehingga kesempatan bakal diberikan pada pemain lain.

2 dari 3 halaman

Witan Sulaeman, Bagus Kahfi, dan Egy Maulana Vikri

Hassan Sunny vs Witan Sulaeman di laga Indonesia vs Singapura, semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Case Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri cenderung mirip dengan apa yang dialami Elkan dan Asnawi. Semuanya sudah menjadi bagian Timnas Indonesia yang berlaga pada Piala AFF 2020.

Untuk Witan, meski saat ini tim barunya belum diketahui, justru periode musim dingin di Eropa ini adalah waktu yang pas bagi pemain yang baru saja bertunangan itu untuk memastikan klub barunya.

Kabar terbaru menyebut bahwa Witan bakal bergabung dengan Egy di FK Senica.

Khusus Bagus Kahfi, Piala AFF U-23 2022 seharusnya jadi kesempatan terbaik untuk bersinar. Akan tetapi, Situasi dilematis akan dihadapi.

Kontribusinya bersama Jong Utrecht musim ini masih minim. Sementara jika ia dipanggil ke Timnas Indonesia, maka kans untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain bakal makin menipis.

3 dari 3 halaman

Brylian Aldama, David Maulana dan Kelana Mahesa

Brylian sudah kembali ke Kroasia setelah liburan akhir tahun tampaknya sulit bergabung ke Timnas Indonesia. Klubnya, NK Pomorac 1921, diyakini kuat tak akan memberikan izin.

David Maulana yang juga berkarier di NK Pomorac 1921 juga sama seperti Brylian. Bahkan ia kini mulai rutin main di tim utama, sehingga Shin Tae-yong tak akan memanggilnya.

Kelana Mahesa yang bermain untuk SpVg Frechen 20 di Mittelrhein Liga atau kompetisi kasta kelima di Liga Jerman juga senada.

Disadur dari: Bola.com (Gregah N; 14/1/22)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR