SEA Games 2021: Bedah Kekuatan Lini Belakang Timnas Indonesia U-23 vs Thailand

Gia Yuda Pradana | 18 Mei 2022, 11:55
Pose pemain Timnas Indonesia sebelum pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup B SEA Games 2021 melawan Myanmar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar
Pose pemain Timnas Indonesia sebelum pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup B SEA Games 2021 melawan Myanmar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Timnas Thailand U-23 di babak semifinal SEA Games 2021. Laga ini akan digelar di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022) sore WIB.

Timnas Indonesia U-23 adalah runner-up Grup A dengan sembilan poin dari empat laga. Sementara itu, Thailand merupakan juara dari Grup B.

Thailand tampil apik di sepanjang fase grup. Mereka hanya kalah sekali dengan skor 1-2 dari Malaysia U-23.

Sisanya, tim asuhan Alexandre Polking menyapu bersih pertandingan. Mereka juga hanya kebobolan dua gol di sepanjang babak grup.

Selain itu, Korawich Tasa dan kawan-kawan juga menjadi tim tertajam di sepanjang fase grup SEA Games 2021. Total 12 gol berhasil dicatatkan oleh Thailand U-23.

1 dari 3 halaman

Lini Belakang Indonesia U-23 Mengkhawatirkan

Timnas Indonesia U-23 punya rekor yang buruk di lini belakang di sepanjang babak grup SEA Games 2021. Total lima gol sudah bersarang ke gawang Ernando Ari dan Muhammad Adi Satriyo sejauh ini.

Tiga gol bersarang ke gawang Indonesia U-23 saat mereka menghadapi Vietnam U-23. Kemudian, Myanmar dan Timor Leste masing-masing mendapatkan satu gol saat menghadapi Garuda Muda.

Selain itu, Shin Tae-yong juga tidak punya banyak pilihan di lini belakang. Hanya ada tiga bek tengah murni yang ada di skuadnya saat ini.

Mereka adalah Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, dan Fachruddin Aryanto. Namun, Dewangga lebih sering dimainkan di posisi bek kiri.

Akan jadi tantangan tersendiri jika salah satu dari tiga bek itu mengalami cedera atau terkena akumulasi kartu. Plihan Shin Tae-yong di lini belakang akan semakin tipis.

2 dari 3 halaman

Tetap Ada Celah

Thailand U-23 baru kebobolan dua gol di sepanjang babak grup. Dua gol itu bersarang ke gawang mereka saat menghadapi Malaysia U-23.

Kondisi itu bisa membuat lini belakang Thailand disebut tangguh. Namun, sebenarnya mereka juga menyimpan celah yang sangat bisa dimanfaatkan.

Di Grup B, hanya Malaysia yang bisa dikatakan sebagai lawan sepadan bagi Thailand. Sementara Singapura, Laos, dan Kamboja semuanya ada jauh di bawah Thailand.

Indonesia sendiri berada di level yang kurang lebih sama dengan Thailand dan Malaysia. Salah satu bek tengah andalan Thailand, Jonathan Khamdee memiliki postur yang mencapai 191 cm.

Ia terlihat tidak punya kelincahan yang cukup baik. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh para sayap-sayap cepat yang dimiliki Garuda Muda.

3 dari 3 halaman

Andalan Thailand di Lini Belakang

Satu bek tengah yang patut diwaspadai oleh para penyerang Timnas Indonesia U-23 adalah Anusak Jaiphet. Ia adalah bek dengan postur 186 cm.

Jaiphet adalah salah satu bek klub kasta tertinggi Liga Thailand, Port FC. Pemain satu ini jadi salah satu andalan Thailand U-23 di babak fase grup SEA Games tahun ini.

Selain jago dalam duel udara, Jaiphet cukup sulit untuk ditaklukkan dalam duel satu lawan satu. Egy Maulana Vikri dan rekan-rekannya harus berpikir kreatif untuk menaklukkan pemain yang satu ini.

Disadur dari: Bola.com/Hery Kurniawan/Hendry Wibowo, 18 Mei 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR