Sandy Walsh dan Jordi Amat Gagal Main, Rencana Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 Kacau

Ari Prayoga | 1 Juni 2022, 17:55
Sandy Walsh dan Jordi Amat Gagal Main, Rencana Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 Kacau
Sandy Walsh dan Jordi Amat berpose setelah melakukan tes medis, Selasa (17/5/2022) (c) Dok. PSSI

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong harus mengubah rencananya untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah timnya dipastikan tak bisa memainkan Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sandy Walsh dan Jordi Amat belum dapat membela Timnas Indonesia. Pasalnya, naturalisasi dua pemain asal Eropa itu belum tuntas.

PSSI telah memproses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sejak Februari 2022. Semula, keduanya ditargetkan dapat berkancah di Kualifikasi Piala Asia 2023 bersama Timnas Indonesia.

1 dari 5 halaman

Komentar Shin Tae-yong

Empat bulan berjalan, naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat masih dalam peninjauan pemerintah. Padahal, keduanya telah mengikuti latihan Timnas Indonesia.

"Sandy Walsh dan Jordi Amat berada dalam rencana A saya untuk Kualifikasi Piala Asia 2023," kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dinukil dari Antara.

Untung saja, Shin Tae-yong sudah menyiapkan opsi lain Timnas Indonesia tanpa Sandy Walsh dan Jordi Amat. "Jadi saat ini, saya harus menggunakan rencana B," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Sudah Ikut Latihan

Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah tiba di Indonesia sejak beberapa pekan lalu. Keduanya diajak berlatih dengan Timnas Indonesia dalam persiapan melawan Bangladesh.

Timnas Indonesia akan beruji coba dengan Bangladesh dalam FIFA Matchday pada Rabu (1/6/2022) malam WIB di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 29 pemain untuk kontra Bangladesh. Namun, Sandy Walsh dan Jordi Amat tidak dapat berlaga karena belum mengantungi paspor Indonesia.

3 dari 5 halaman

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda akan melawan tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal bergulir pada 8-14 Juni 2022 dengan memakai format single round-robin atau bertanding sekali melawan masing-masing peserta.

"Saya menyayangkan absennya mereka. Kami tetap akan melakukan yang terbaik. Meski naturalisasi keduanya belum selesai, saya tetap berterima kasih kepada pemerintah Indonesia dan PSSI yang sudah melakukan upaya maksimal untuk itu," imbuh Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Pembagian Grup Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Grup A: Yordania, Kuwait, Timnas Indonesia, Nepal

Grup B: Palestina, Filipina, Yaman, Mongolia

Grup C: Uzbekistan, Thailand, Maladewa, Sri Lanka

Grup D: India, Hong Kong, Afghanistan, Kamboja

Grup E: Bahrain, Turkmenistan, Malaysia, Bangladesh

Grup F: Kirgistan, Tajikistan, Myanmar, Singapura

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

8 Juni 2022

Kuwait Vs Timnas Indonesia

11 Juni 2022

Timnas Indonesia Vs Yordania

14 Juni 2022

Timnas Indonesia Vs Nepal.

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa, Rizki Hidayat) 1 Juni 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR