Saddil Ramdani, Satu-satunya Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 dengan Status 'Tanpa Klub'

Asad Arifin | 8 Desember 2022, 15:08
Saddil Ramdani, Satu-satunya Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 dengan Status 'Tanpa Klub'
Aksi Saddil Ramdani pada laga uji coba Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Jalak Harupat, Rabu (1/6/2022) malam WIB. (c) M Iqbal Ichsan

Bola.net - Ada yang menarik dari sosok Saddil Ramdani di skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Sebab, Saddil Ramdani kini tercatat sebagai satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang tidak punya klub bernaung.

Beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain untuk training camp (TC) Timnas Indonesia di Bali. Nantinya, tim ini adalah yang akan membela Skuad Garuda pada ajang Piala AFF 2022.

Pada skuad awal, ada nama Dimas Drajad yang dipanggil. Namun, pemain 25 tahun itu mengalami cedera dan diganti Ilija Spasojevic. Sementara, Elkan Baggott tak bisa ikut TC karena terkendala izin dari klub.

Selain Baggott, semua pemain sudah merapat dan mengikuti sesi latihan Timnas Indonesia. Termasuk dua pemain naturalisasi baru, Sandy Walsh dan Jordi Amat. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Saddil Ramdani Tanpa Klub

Di antara 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, status Saddil Ramdani patut dicermati. Sebab, pemain 23 tahun itu tercatat sebagai satu-satunya pemain tanpa klub yang dipanggil ke Timnas Indonesia.

Merujuk data Transfermarkt, kontrak Saddil Ramdani dengan Sabah FA berakhir pada 30 November 2022 lalu. Eks pemain Persela Lamongan itu sudah mengucapkan kata-kata perpisahan dengan klub asal Malaysia.

Saddil membela Sabah selama dua dua musim. Pada musim 2022 lalu, Saddil berkembang pesat di bawah asuhan pelatih Ong Kim Swee. Saddil punya andil besar membawa Sabah finis di posisi ketiga klasemen akhir Liga Super Malaysia.

Kendati tanpa klub, Saddil tetap layak membela Timnas Indonesia. Sebab, Saddil sudah menunjukkan performa apik di Sabah FA musim 2022. Selain itu, pada laga uji coba lawan Curacao, Saddil juga tampil cukup bagus.

2 dari 3 halaman

Kabar Terkini Timnas Indonesia

Sandy Walsh mencium bendera Merah Putih usai resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Sandy Walsh mencium bendera Merah Putih usai resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Saat ini, Timnas Indonesia berada di Bali untuk menjalani TC. Shin Tae-yong masih berupaya untuk meningkatkan kondisi fisik para pemainnya. Sebab, khusus pemain dari klub Liga 1, mereka tidak bermain hampir dua bulan.

Selain Elkan Baggott yang tidak diizinkan bergabung oleh Gillingham FC, Sandy Walsh juga harus meninggalkan Timnas Indonesia. Sandy Walsh dipanggil klubnya, KV Mechelen.

"Saya tidak khawatir sama sekali soal Sandy. Dia bakal balik dan bergabung ketika Timnas Indonesia berada di Malaysia," ujar Shin Tae-yong. Ya, Sandy Walsh kembali ke Timnas Indonesia dan bermain pada matchday ke-2 Grup A Piala AFF 2022 lawan Brunei Darussalam.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Kiper: Nadeo Arga Winata, Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi

Belakang: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Tengah: Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri

Depan: Muhammad Rafli, Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Ilija Spasojevic

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR