Rezim Berakhir 2023, Iwan Bule: Jika Voters Minta, Saya Siap Jadi Ketum PSSI Lagi

Serafin Unus Pasi | 18 Agustus 2022, 19:35
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan sambutan saat Kongres PSSI di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Kongres tersebut akan membahas kepastian Liga 1 dan 2 musim 2021-2022. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan sambutan saat Kongres PSSI di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5/2021). Kongres tersebut akan membahas kepastian Liga 1 dan 2 musim 2021-2022. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Masa jabatan Mochamad Iriawan sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI akan habis pada 2023. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mengaku siap untuk maju lagi.

Iwan Bule terpilih sebagai Ketum PSSI untuk periode 2019-2023 pada November 2019 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan di Jakarta.

Ketika itu, Iwan Bule menang mutlak dari calon lainnya, Rahim Soekasah dan Arif Wicaksono usai mendulang 82 dari 85 suara. Sementara tiga suara lainnya abstain.

Selama tiga tahun kepemimpinannya menjadi Ketum PSSI, Iwan Bule baru mampu mempersembahkan satu gelar bergengsi, yaitu Piala AFF U-16 2022 yang diraih Timnas Indonesia U-16.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 3 halaman

Ambisi yang Belum Terwujud

Di sisa setahun rezimnya, mantan Kapolda Metro Jaya ini masih mempunyai beberapa rencana yang belum terwujud. Apa saja ambisinya?

"Yang belum tercapai soal training center atau tempat latihan yang sudah diberikan pemerintah," ujar Iwan Bule.

"Kemungkinan kantor PSSI juga di sana, di Ibu Kota Nusantara. Sebab dalam Statuta FIFA, kantor federasi harus ada di ibu kota negara," katanya menambahkan.

2 dari 3 halaman

Peringkat Timnas Indonesia Naik Pesat

Selain itu, purnawirawan polisi bintang tiga ini juga menyinggung posisi Timnas Indonesia yang meningkat dalam raking FIFA di era kekuasaannya.

Sebelum Iwan Bule ditunjuk untuk duduk dalam tampuk kepemimpinan PSSI, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-171 per 24 Oktober 2019.

Setelah Iwan Bule menjadi pemegang takhta tertinggi PSSI, Timnas Indonesia melejit ke urutan ke-155 pada ranking FIFA 23 Juni 2022 atau yang terbaru.

"Ranking FIFA Timnas Indonesia kalau bisa menembus 150. Sebentar lagi kami akan melawan Curacao. Jika kami bisa menang, maka bisa tercapai semua," tutur pria berusia 60 tahun ini.

"Jadi, dengan pandemi COVID-19, alhamdulillah kami bisa menyelesaikan pekerjaan rumah saya atau visi dan misi saya dalam kongres," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Pesuruh Insan Sepak Bola

Rezim Iwan Bule di PSSI akan berakhir setahun tiga bulan lagi. Tersiar isu bahwa ia akan beralih haluan ke dunia politik pada 2024. Tapi, apakah Iwan Bule masih tertarik untuk dua periode di PSSI?

"Saya ini adalah pesuruh dari hak pemilik suara, pesuruh insan sepak bola," tuturnya.

"Kalau nanti para voters masih memerintahkan dan membutuhkan saya, saya pasti siap," imbuh Iwan Bule.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR