BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Respons Indra Sjafri Soal Timnas Indonesia U-22 Baru Menggelar Uji Coba

05-02-2019 18:56 | Dimas Ardi Prasetya

Indra Sjafri (c) Mustopa El Abdy Indra Sjafri (c) Mustopa El Abdy

Bola.net - Skuat Timnas Indonesia U-22 yang saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) untuk persiapan Piala AFF U-22 2019 belum ditempa laga uji coba. Padahal, TC tersebut sudah digelar sejak 7 Januari lalu.

Timnas Indonesia U-22 baru akan berlatih tanding pada pekan kelima TC. Lawan yang bakal dihadapi tim berjuluk Garuda Muda itu pun hanya dua tim lokal, yaitu Bhayangkara FC dan Arema FC.

Laga uji coba melawan Bhayangkara FC akan digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (6/2). Sementara pertandingan kontra Arema FC bakal dihelat di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, empat hari berikutnya.

Tak pelak, banyak yang menganggap laga uji coba tersebut terlambat digelar lantaran baru dihelat pada pekan ini. Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U-22 pun memberikan penjelasan.

"Mempersiapkan suatu tim, kami pasti membuat suatu periodisasi persiapan. Dalam periodisasi persiapan itu ada tahapannya, tidak mungkin tiga hari setelah latihan kita uji coba. Kalau kami urut ada general corporation, ada spesifik corporation, ada masuk pra kompetisi, di mana uji coba itu dilakukan adalah dimasa pra kompetisi. Jadi bukan terlambat ini, pas waktunya," ujar Indra di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (5/2).

"Nah itu kegunaan kita merancang suatu periodisasi persiapan karena selama ini saya ikutin di media selalu kenapa tidak uji coba, kenapa tidak uji coba, karena kami membangun tim saat kompetisi libur," katanya menambahkan.

"Jadi persiapannya harus sedikit agak panjang, kecuali kompetisi lagi berjalan itu berbeda strategi persiapan timnya, tapi tidak ini anak-anak pada libur, ya seperti yang saya beritakan dari awal, malahan banyak yang kelebihan berat badan dan kompetisi libur sudah lebih dari satu bulan, dan perlu kita melakukan periodisasi persiapan," lanjutnya.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Tiga Level Uji Coba

Tak ada uji coba internasional dan hanya melakoni dua laga uji coba melawan tim lokal, menurut Indra itu sudah masuk dalam perencanaanya. Kategori uji coba pun, kata Indra, dikelompokkan menjadi tiga.

"Untuk uji coba itu pun dibagi tiga, ada dengan tim yang lemah, sepadan, atau tim yang lebih kuat atau umurnya yang lebih dari kami. Dan kami memilih dua uji coba, satu dengan Bhayangkara FC, kita tahu Bhayangkara FC pernah juara Liga 1 dan tim yang berkualitas," kata mantan pelatih Bali United ini.

"Kedua kita memilih Arema FC karena mereka punya suporter yang banyak. Kita ingin tahj juga bagaimana pemain bermain di situasi suporter yang banyak. Jadi mudah-mudahaan dua ini cukup untuk menjadi evaluasi kami. Jangan juga dipersoalkan kenapa tidak internasional, yang penting bagi kami bisa melakukan uji coba dan uji coba itu sesuai dengan tujuan kami," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Berita Video


Berita video statistik yang membandingkan performa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pada musim ini.

Jadwal Liverpool vs Chelsea di UEFA Super Cup 2019

KOMENTAR