Respon Shin Tae-yong Saat Ditanya Soal Haruna Soemitro: Saya Sedang Tidak Mood

Asad Arifin | 22 Januari 2022, 10:21
Haruna Soemitro dan Shin Tae-yong (c) PSSI
Haruna Soemitro dan Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, enggan memberi jawaban tentang hubungannya dengan Haruna Soemitro. Pelatih 52 tahun itu mengaku tidak dalam mood yang baik untuk menjawab pertanyaan tentang Haruna.


Belakangan, nama Haruna dan Shin Tae-yong memang jadi polemik. Salah satu penyebabnya adalah pernyataan terbuka Haruna tentang Shin Tae-yong yang gagal memberikan gelar juara Piala AFF 2020.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu blak-blakan menyentil kinerja Shin Tae-yong dalam podcast JPNN. Dia meminta pelatih asal Korea Selatan itu untuk membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2022, tidak sekadar runner-up.

Haruna menganggap jika Timnas Indonesia hanya menjadi finalis, pihaknya tidak membutuhkan Shin Tae-yong lantaran tim berjulukan Skuad Garuda itu telah enam kali menjadi tim peringkat kedua di Piala AFF.

1 dari 3 halaman

Jawaban Shin Tae-yong Tentang Haruna

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Ucapan Haruna memantik kemarahan fans Timnas Indonesia. Media Korea juga menyoroti reaksi fans Timnas Indonesia

"Tagar #STYStay, SaveSTY, dan '#HarunaOut' membanjiri media sosial Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Spanduk dengan kalimat ini pun digantung di jalan-jalan," tulis Joongang.

Situasi itu kemudian dikonvontrasi dengan Shin Tae-yong. Tapi, jawaban yang muncul justru sama sekali tidak terkait dengan Haruna. Shin Tae-yong lebih tertarik dengan dukungan fans kepadanya.

"Saya sedang tidak dalam mood yang baik, tapi saya tidak akan mengatakan sesuatu yang istimewa. Saya hanya ingin berterima kasih kepada para penggemar karena mengetahui bahwa tim kami bekerja keras dan mendukung kami," kata Shin Tae-yong dalam wawancara dengan Joongang Daily, Jumat (21/1/2022).

2 dari 3 halaman

Ketua PSSI Dukung Shin Tae-yong

Haruna Soemitro, Mochamad Iriawan, dan Shin Tae-yong (c) PSSI

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan sinyal bakal memperpanjang masa bakti Shin Tae-yong. Menurut Iriawan, rencana itu dilakukan agar sepak bola Indonesia bisa berprestasi.

Saat ini, Shin Tae-yong masih terikat kontrak bersama Timnas Indonesia sampai 31 Desember 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu dipercaya untuk menukangi Tim Garuda dari semua kelompok umur semisal U-18, U-20, U-23, dan senior.

"Kami akan melihat perkembangan. Kemungkinan besar ada untuk diperpanjang," kata Mochamad Iriawan saat diundang menjadi narasumber di Podcats Close The Door milik Deddy Corbuzier.

"Ini kan prosesnya panjang. Dia kan meng-hired U-18, U-20, U-23 dan senior. Jadi berkesinambungan lah. Pemain senior kan dari junior," ujar Iriawan.

Sumber: Joongang Daily via Isplu

Disadur dari Bola.com: Wiwig Prayugi, 21 Januari 2022

3 dari 3 halaman

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR