Rencana PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Disambut Positif Media-media Korea Selatan

Dimas Ardi Prasetya | 27 September 2022, 18:36
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Sejumlah media di Korea Selatan memberikan respon yang positif atas rencana PSSI untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Finalisasi perpanjangan kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia rencananya akan dibahas dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

"Belum tahu finalisasi kontraknya kapan. Itu kewenangan Exco," ujar Yunus Nusi di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022).

Yunus Nusi menjelaskan bahwa PSSI bisa saja membarui kontrak Shin Tae-yong sebelum Piala AFF pada akhir tahun ini.

1 dari 4 halaman

Pemberitaan Media Korea

Kabar adanya rencana perpanjangan kontrak Shin Tae-yong ini didengar media-media Korea Selatan. Mereka memang selalu memantau kiprah pelatih 51 tahun tersebut selama di Indonesia.

Uniknya, mereka kerap mengaitkan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia, dan Vietnam. Maklum saja, karena Vietnam juga ditangani oleh pelatih Korea, Park Hang-seo.

"Ketika Shin menjabat sebagai pelatih tim nasional sepak bola Indonesia pada 2019, ia memimpin pertandingan untuk berbagai kelompok umur, dari U-19, U-20, dan U-23. Selain melaju ke final Piala Asia 2023, mereka mencapai final AFF Cup dengan mengalahkan Vietnam yang diadakan pada Desember tahun lalu," demikian yang ditulis newsis.com, mengenai rencana PSSI memperpanjang kontrak STY.

Maksud 'mengalahkan' Vietnam adalah, Indonesia membuat Vietnam gagal menjadi juara grup dan bertemu Thailand di semifinal, dan akhirnya mereka tersingkir.

2 dari 4 halaman

Kesuksesan STY

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar

"Persatuan Sepak Bola Indonesia puas dengan kepemimpinan Shin Tae-yong dan berusaha untuk memperpanjang kontraknya," demikian reportase donga.com.

Meski STY belum memberikan gelar, PSSI puas dengan pencapaian mantan pelatih Timnas Korsel itu.

"Pelatih Shin membuat prestasi luar biasa dengan melatih tidak hanya tim senior tetapi juga beberapa level usia. Di bawah bimbingan pelatih Shin, Indonesia menorehkan prestasi besar seperti runner-up di Piala Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) 2020, lolos ke Piala Asia Federasi Sepak Bola Asia (AFC) 2023, dan lolos ke AFC U-20 2023," lanjut Donga.

3 dari 4 halaman

Sangat Layak Diperpanjang

"Persatuan Sepak Bola Indonesia mempromosikan perpanjangan kontrak Shin Tae-yong," demikian judul di artikel hankyung.com.

Sama seperti yang lain, Hankyung juga menyoroti jejak apik STY di Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia disebut berada di jalur yang tepat dan menunjukkan peningkatan kualitas permainan.

4 dari 4 halaman

Segera Dibahas

Gaya Shin Tae-yong memberikan instruksi pada Timnas Indonesia U-19 saat lawan Filipina U-19 di laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Jumat (08/07/2022) malam WIB. (c

Gaya Shin Tae-yong memberikan instruksi pada Timnas Indonesia U-19 saat lawan Filipina U-19 di laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Jumat (08/07/2022) malam WIB. (c

Kepastian perpanjangan kontrak dapat membuat Shin Tae-yong lebih tenang ketimbang terus mendengar pembahasan masa depannya di Timnas Indonesia.

Yunus Nusi menerangkan bahwa Ketua PSSI, Mochamad Iriawan akan mengundang para anggota Exco PSSI untuk mempertahankan Shin Tae-yong demi lebih lama lagi.

"Tentu Ketua PSSI akan memanggil Exco untuk membahas tentang hal ini. Karena secara aturan, ini menjadi ranah keputusan rapat Exco," jelasnya.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Wiwig Prayugi
Published: 27/09/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR