Rapor Timnas Indonesia dalam 5 Edisi Terakhir Piala AFF

Serafin Unus Pasi | 2 Desember 2021, 15:14
Timnas Indonesia - Ilustrasi Piala AFF, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia akan tampil di Piala AFF 2020. Turnamen antar negara di Asia Tenggara itu berlangsung di Singapura pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.


Pada edisi kali ini, Timnas Indonesia akan memulai perjuangan dari grup B. Skuad Garuda satu grup dengan Vietnam, Filipina, Singapura dan Timor Leste.

Namun, sebelum melihat penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, menarik untuk mengetahui perjalanan tim Merah Putih di Piala AFF.

Berikut rapor Timnas Indonesia dalam 5 edisi terakhir piala AFF. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

Piala AFF 2010

Timnas Malaysia ketika menjuarai Piala AFF 2010. (c) AFP/Adek Berry

Timnas Indonesia berhasil menembus babak final Piala AFF 2010. Sayangnya, skuad Garuda gagal menjadi juara setelah kalah dari Malaysia dengan agregat 2-4.

Timnas Indonesia sebenarnya tampil perkasa sejak fase grup. Skuad Garuda memenangkan tiga laga di grup melawan Malaysia, Thailand dan Laos dan memuncaki klasemen.

Indonesia juga berhasil mengalahkan Filipina dalam dua leg di babak semifinal. Tim yang diasuh Alfred Riedl menang dengan skor 0-1 dan 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno.

Namun, di laga puncak Indonesia takluk dari Malaysia. Kalah 3-0 di Stadion Bukit Jalil, skuad Garuda hanya mampu mengalahkan Malaysia 2-1 di Stadion Gelora Bung Karno.

2 dari 5 halaman

Piala AFF 2012

Flashback Piala AFF - Piala AFF 2012 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Timnas Indonesia gagal mengulang kesuksesan di Piala AFF 2012. Perjalanan skuad Garuda terhenti di babak penyisihan grup setelah menempati posisi ketiga klasemen akhir grup B.

Berada satu grup dengan Malaysia, Singapura, dan Laos, timnas Indonesia hanya mampu meraih satu kemenangan, satu hasil imbang dan kalah. Kala itu, skuad Garuda berada di bawah asuhan Nil Maizar.

Timnas Indonesia ditahan imbang Laos 2-2 di laga perdana, kemudian menang 1-0 atas Singapura pada pertandingan kedua. Sementara tim Merah Putih harus takluk 2-0 dari Malaysia di laga pemungkas.

3 dari 5 halaman

Piala AFF 2014

Timnas Indonesia di Piala AFF 2014 (c) AFF

Timnas Indonesia belum bisa bangkit pada Piala AFF 2014. Kembali ditangani Alfred Riedl, perjalanan tim Merah Putih kembali terhenti di babak penyisihan grup.

Berada di grup A bersama Vietnam, Filipina, dan Laos, Indonesia hanya mampu finis di posisi ketiga. Skuad Garuda mengumpulkan empat poin dari satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Ditahan imbang Vietnam pada laga pertama dengan skor 2-2, timnas Indonesia kemudian dibantai Filipina 4-0. Satu-satunya kemenangan diraih ketika menghadapi Laos, skuad Garuda menang 5-1.

4 dari 5 halaman

Piala AFF 2016

Zulfiandi merayakan golnya ke gawang Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). (c) AFP

Timnas Indonesia meraih hasil manis di Piala AFF 2016. Tim Merah Putih kembali menembus babak final, walau akhirnya gagal menjadi juara.

Di fase grup, Timnas Indonesia finis di posisi kedua klasemen akhir grup A. Skuad Garuda mengumpulkan 4 poin, unggul 2 poin dari Filipina dan terpaut 5 poin dari Thailand di puncak.

Di semifinal, Indonesia mengalahkan Vietnam. Sedangkan di partai final, skuad Garuda takluk kepada Thailand.

5 dari 5 halaman

Piala AFF 2018

Bek Timnas Indonesia, Gavin Kwan, bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Di Piala AFF 2018, performa Timnas Indonesia kembali menurun. Perjalanan skuad Garuda kembali terhenti di babak penyisihan grup.

Indonesia hanya mampu finis di posisi keempat grup B di bawah Thailand, Filipina dan Singapura. Skuad Garuda hanya unggul dari Timor Leste di dasar klasemen.

Dari empat laga di fase grup, tim Merah Putih hanya mampu mengumpulkan 4 poin dari satu kemenangan, satu hasil imbang dan 2 kali kalah.

Sumber data: aseanfootball

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR