Rapor Pemain Timnas Indonesia Saat Bantai Laos di Piala AFF 2020: Irfan dan Asnawi Joss!

Dimas Ardi Prasetya | 12 Desember 2021, 23:12
Timnas Indonesia di laga lawan Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI
Timnas Indonesia di laga lawan Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia tampil dominan saat bersua Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore WIB.


Di laga ini, Timnas Indonesia menang telak dengan skor 5-1. Ini lebih baik dari laga sebelumnya melawan Kamboja di mana Skuat Garuda hanya menang 4-2.

Bagusnya, Indonesia tak bergantung pada satu pemain saja untuk mencetak gol saat melawan Laos. Lini belakang, tengah dan depan secara bergantian mencatatkan namanya di papan skor.

Lima gol Merah Putih kali ini dicetak oleh Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian dan Evan Dimas. Sementara Laos memperkecil kedudukan lewat Kydavone Saouvanny.

Secara umum, permainan Timnas Indonesia mulai membaik. Tapi perlu diingat, lawan yang dihadapi adalah Laos. Selain secara kualitas masih dibawah Indonesia, mereka mulai letih karena sudah memainkan satu laga lebih banyak ketimbang Indonesia.

Berikut rapor para pemain Timnas Indonesia saat bersua Laos.

1 dari 4 halaman

Kiper dan Bek

Ernando Ari: 7

Dia jarang dapat serangan berbahaya dari lawan. Namun gawangnya kemasukan satu gol. Ernando sempat melakukan penyelematan krusial ketika striker Laos, Billy Katkeo lolos dari offiside. Ernando dengan cepat keluar dari sarangnya untuk membuang bola.

Asnawi Mangkualam: 8

Babak pertama dia tampil agresif. Karena tak banyak dapat tekanan dari lawan, Asnawi rajin membantu serangan. Dia berhasil jadi eksekutor penalti dan mencetak gol pertama Indonesia. Beberapa menit berselang, Asnawi memberikan assist untuk gol kedua yang dicetak Irfan Jaya.

Rizky Ridho: 7

Tampil disiplin. Meski jarang dapat tekanan lawan, Ridho tetap mengawal daerah pertahanan. Ridho tak terpancing untuk maju kedepan membantu serangan. Laos punya striker dengan pengalaman Ligue 1, Perancis, Billy Ketkeo.

Alfeandra Dewangga: 7,5

Dia sempat melakukan sebuah blunder di babak pertama. Dewa terpancing naik membantu serangan. Laos melakukan serangan balik dan berbuah gol saat dia belum kembali ke posisinya. Untungnya babak kedua Dewa tampil apik dan berubah posisi jadi gelandang bertahan. Permainannya lebih efektif dan menyumbagnkan satu assist.

Edo Febriansyah: 7

Bek Persita Tangerang ini tampil lumayan. Dia tak lagi canggung seperti laga sebelumnya. Edo sering membantu serangan di babak pertama.

2 dari 4 halaman

Tengah

Timnas Indonesia merayakan golnya ke gawang Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI

Ricky Kambuaya: 7

Babak pertama permainannya kurang terlihat. Baru babak kedua kolaborasinya lebih hidup. Ricky sempat bertukar posisi dengan Witan Sulaeman di sayap kiri.

Rachmat Irianto: 6,5

Dia tak banyak bekerja keras memotong serangan lawan. Sebab, Indonesia menguasai permainan. Sayang, Rachmat beberapa kali salah passing. Sehingga babak kedua dia ditarik keluar.

Evan Dimas: 7,5

Berkontribusi dengan mencetak gol terakhir Indonesia. Evan cukup terlihat perannya ikut membongkar pertahanan Laos.

3 dari 4 halaman

Depan

Kushedya Hari Yudo: 6,5

Dia menempati posisi sayap kanan. Beberapa kali Yudo melakukan akselerasi. Tapi tidak semuanya berhasil. Salah satu poin plus Yudo, gol kedua yang dicetak Irfan Jaya bermula dari serangan yang dibangunnya.

Dedik Setiawan: 6,5

Striker Arema ini dipasang jadi targetman di laga ini. Dia sebenarnya punya peluang di pertengahan babak kedua. Dedik dapat posisi ideal melepaskan tembakan tepat di kotak penalti. Tapi bola melambung. Sisanya, dia lebih sering kehilangan bola. Sehingga Dedik digantikan Ezra Walian di menit 71.

Irfan Jaya: 8

Dia membuat serangan dari sayap kiri Indonesia lebih hidup. Kontribusinya cukup besar di laga ini. Irfan membuat satu gol dan satu assist.

4 dari 4 halaman

Pemain Pengganti

Timnas Indonesia merayakan golnya ke gawang Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI

Elkan Baggott: 7

Lini belakang Indonesia tak banyak ditekan saat dia masuk babak kedua. Baggott justru lebih sering mengalirkan bola ke tengah ketimbang menghentikan serangan lawan.

Witan Sulaeman: 7,5

Sayap kanan Indonesia lebih hidup saat dia masuk. Witan ikut menyumbangkan gol di laga ini. Dia juga memberi assist untuk gol ke empat yang disumbangkan Ezra Walian.

Ezra Walian: 7

Gol pertama di Piala AFF disumbagkan dalam laga ini. Lini depan Indonesia lebih tajam saat dia masuk. Dia punya penempatan posisi dan postur yang lebih baik ketimbang Dedik.

Fachruddin Ariyanto: 6,5

Bek senior ini punya tugas lebih ringan. Dia tak banyak bekerja memutus serangan lawan. Fachruddin sempat mencetak gol. Tapi wasit menganggapnya melakukan pelanggaran lebih dulu.

Ramai Rumakiek: 6,5

Jadi pengganti terakhir di laga ini. Ramai membuat sayap kanan Indonesia kembali berbahaya. Dia membuat peluang dengan tendangan kerasnya. Namun bola masih bisa ditepis kiper Laos.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Iwan Setiawan/Editor Gregah Nurikhsani
Published: 12/12/2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR