Punya Skuad Terbaik, Pelatih Persebaya Yakin Timnas Indonesia U-23 Bisa Atasi Thailand

Gia Yuda Pradana | 17 Mei 2022, 12:01
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso berbicara peluang Timnas Indonesia U-23 untuk mengalahkan Thailand pada babak semifinal SEA Games 2021. Duel tersebut akan berlangsung, Kamis (19/05/2022) pukul 19.00 WIB.


Menurut Aji, peluang Timnas Indonesia U-23 sangat besar jika melihat kekuatan lawan saat ini. Thailand, kata dia, kehilangan banyak pemain pentingnya menghadapi Skuad Garuda.

"Saya pikir lebih besar daripada pertandingan Piala AFF di Singapura," kata Aji Santoso usai memimpin latihan Persebaya, Selasa (17/05/2022).

"Karena ada beberapa pemain inti mereka (Thailand), seperti gelandang yang main di Jepang tidak main, tidak ada dalam tim, bek kiri mereka juga tidak ada dalam tim," sambung Aji.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Banyak Pemain Luar Negeri

Pose pemain Timnas Indonesia sebelum pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup B SEA Games 2021 melawan Myanmar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022). (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Selain itu, Aji menilai komposisi skuad Timnas Indonesia U-23 merupakan yang terbaik dalam 20 tahun terakhir. Mereka dinilai bisa bersaing dengan Thailand.

"Banyak pemain yang main di luar negeri, pemain yang main dalam negeri juga kualitasnya di kompetisi menonjol, ada naturalisasi," Aji menambahkan.

Pemain yang bermain di luar negeri di antaranya Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman (FK Senica), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), serta Saddil Ramdani (Sabah FC).

"Jadi saya pikir dua puluh tahun terakhir the best komposisi tahun ini," tegas pelatih yang juga pernah menukangi Timnas Indonesia tersebut.

2 dari 3 halaman

Ulang Sukses SEA Games 2021

Ekspresi Timnas Indonesia U-23 merayakan gol Egy Maulana Vikri ke gawang Filipina, Jumat (13/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Dengan skuad tersebut, bukan hal yang mustahil bagi Timnas Indonesia U-23 untuk mengulang sukses di SEA Games 1991. Itu terakhir kali Skuad Garuda mendapat medali emas.

"Sekarang mental pemain juga dalam kondisi bagus setelah beberapa kali menang," lanjut Aji.

"Mudah-mudahan bisa mengalahkan thailand, bisa final, bisa juara, karena kalau tidak sampai juara atau tidak sampai final sangat disayangkan," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Pesan kepada Tiga Pemain Persebaya

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan berselebrasi dengan Marc Klok & Egy Maulana usai menjebol gawang Myanmar di laga Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2

Di sisi lain, Aji juga berpesan kepada para pemain Persebaya di Timnas Indonesia U-23 untuk tetap fokus. Mereka adalah Ernando Sutaryadi, Rizky Ridho, dan Marselino Ferdinan.

"Intinya tetap fokus, jangan tergiur dengan pujian, memberikan yang terbaik," pesan Aji.

"Bagaimanapun mereka membawa, mewakili persebaya, masyarakat surabaya dan jawa timur, ada lambang garuda di dada mereka," pungkasnya.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR